Thursday, May 29, 2014

Berbisnis dengan Hati

Ini bukan promosi yang tendensius tetapi menunjukkan bahwa minuman segar yang digagas dengan konsep minuman organik ini diterima kalangan elit. Minuman ini juga tak sekadar pelepas dahaga karena di dalamnya ada filosofi yang membuat Honest Tea memiliki tempat tersendiri.

Sejak diproduksi dan dijual tahun 1998 produksinya terus meningkat. Tahun 1998 omsetnya masih US$250.000, namun tahun 2012 sudah mencapai US$88,5 juta. Untuk ukuran Amerika yang pasarnya dipenuhi produk minuman berkarbonasi penjualan itu sangat luar biasa. Terlebih-lebih pendekatan dan konsepnya yang menekankan pada jenis minuman teh organik, yang pasarnya dianggap sempit.

Dari mana gagasan membuat Honest Tea itu datang? Hal ini tak lepas dari program pendidikan yang diikuti Seth Goldman di Yale School of Management setelah ia lulus dari Harvard. Sejak kuliah dia memang terobsesi mencari minuman yang bisa dengan gampang melepas dahaganya (sekaligus sehat) selepas ia berolahraga lari atau bermain basket. Bermacam-macam minuman ia bandingkan mulai dari jus buah hingga minuman berkarbonasi yang ia beli di toko.

Hobi membanding-banding jenis minuman ini klop dengan profesor yang membimbingnya di Yale, Barry Nalebuff. Jika mereka bertemu, diskusi tentang minuman nyaris tak ada selesainya. Bahkan kerap diskusi tentang itu terbawa ke kelas.

Pada tahun 1997 Goldman mengikuti lomba lari maraton di New York dengan sejumlah temannya. Setelah lari ternyata antara dia dan teman-temannya memiliki kesamaan kebiasaan yaitu membuat jus buah. Saat itu Goldman berpikir, kalau begitu sebaiknya ia membuat minuman sendiri untuk memenuhi kebutuhan orang seperti dirinya dan teman-temannya. Ia kemudian meng-email Nalebuff.

Secara kebetulan Nalebuff baru pulang dari India melakukan penelitian industri teh. Pada saat yang sama ia menemukan bahwa sebagian besar perusahaan-perusahaan minuman teh yang ada di Amerika membeli teh yang kualitasnya rendah. Timbul gagasan Nalebuff untuk memproduksi minuman teh dalam botol yang kualitasnya benar-benar terjaga dan asli teh. Karena itu ia menamakannya Honest Tea. (MM) artikel terkait

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...