Thursday, May 29, 2014

Cakra Jantung

Cakra jantung  ada dua,  yaitu cakra jantung depan dan cakra jantung belakang yang saling berhubungan. Di depan terletak di bagian depan dada dan tepat di depan jantung. Bertugas untuk mengendalikan dan memberikan energi pada jantung, kelenjar timus, dan sistem peredaran darah. Kelenjar timus mempunyai tugas untuk memelihara paru-paru, jantung secara fisik,  saluran arteri dan saluran vena. Saluran arteri membawa darah bersih dari jantung kemudian di bawa ke seluruh tubuh. Sementara saluran vena adalah untuk  membawa darah kotor dari seluruh tubuh ke jantung dan paru-paru, untuk dibuang dari  hasil karbondioksida.  Itu akan dibuang melalui pernapasan. Lalu kemudian mendapatkan oksigen baru melalui pernapasan dan kemudian disimpan di dalam darah. Lalu unsur besi yang menangkap melakukan oksidasi terhadap oksigen tersebut. Unsur besi inilah yang mengikat oksigen kemudian dibawa oleh darah ke seluruh tubuh untuk melakukan proses pembakaran  supaya sel-sel dalam tubuh mendapatkan energi. Itulah fungsi dari Cakra Jantung. Cakra jantung ini menjamin jantung fisik sehat dan saluran darah dapat berfungsi  dengan baik.
Gangguan fungsi pada cakra jantung depan akan bermanifestasi sebagai penyakit jantung dan penyakit pada sistem peredaran darah. Cakra solar plexus sangat peka    terhadap emosi, tegangan  mental dan stres, mempunyai pengaruh yang kuat pada jantung fisik dan cakra jantung depan. Gangguan pada cakra solar plexus dapat menyebabkan cakra jantung depan terganggu dan bermanifestasi sebagai gangguan jantung fisik anda. Cakra solar plexus berhubungan dengan cakra jantung depan melalui saluran bioplasmik/nadis yang besar dan sampai batas tertentu cakra jantung depan diberi energi oleh cakra solar plexus depan.
Cakra jantung belakang terletak di bagian belakang jantung anda yang bertugas untuk mengendalikan dan memberikan energi kepada paru-paru dan pada tingkat yang lebih rendah juga jantung anda serta kelenjar timus. Gangguan fungsi pada cakra jantung belakang akan bermanifestasi sebagai penyakit paru-paru seperti asma, tuberculosis (TBC), pneumonia (radang paru-paru) dan lainnya sebagainya. Dengan dilakukan terapi tiap hari cakra jantung memperbaiki sistem kerja jantung dan sistem kerja dari peredaran darah. Begitu ada masalah, maka cakra ini  langsung memperbaiki masalah itu. Warna aura yang dihasilkannya berwarna hijau dan merah  muda.
Dalam tradisi India cakra jantung disebut juga cakra anahatta. Cakra ini dipercaya sebagai singasana roh di tubuh kita. Maksudnya dari tempat inilah Kundalini  menyembur dengan derasnya. Manusia zaman dahulu rata-rata Kundalini nya naik sebatas cakra jantung. Sedangkan manusia yang paling top dimasa itu Kundalini nya hanya menyembur sebatas cakra ajna. Tidak jelas dari mana tolok ukurnya.
Sementara orang Cina percaya cakra jantung merupakan titik tengah tubuh. Apabila diibaratkan sebuah rumah, titik pertemuan dua garis diagonalnya adalah cakra jantung. Cakra ini juga  disebut pusat energi chi. Apabila suplai energi chi terjaga dan bukan tertimbun, tubuh kita akan menjadi sehat. (MM) artikel terkait

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...