Thursday, May 29, 2014

Jalur Nadi

Sebagaimana pembuluh darah bertugas menyalurkan darah, nadi bertugas untuk menyalurkan energi Ki atau Chi  ke seluruh tubuh.
Nadi terbesar pada manusia adalah nadi yang terletak di tengah-tengah tulang belakang, yang disebut  dengan  jalur sushumna. Nadi besar berikut adalah Ida dan Pingala yaitu jalur dingin dan jalur panas yang terletak di samping kiri-kanan dari jalur sushumna. Kedua nadi ini adalah penyeimbang panas dinginnya energi pada sushumna  atau seluruh tubuh.
Apabila diantara kedua nadi ini salah satunya tidak seimbang   yang terjadi adalah  tubuh anda akan terasa panas sekali atau dingin sekali. Untuk itu harus diseimbangkan dengan meditasi  atau  grounding. Contohnya, tangan kanan dan tangan kiri saling berhadapan satu sama lain. Lalu niatkan dari tangan kanan  mengalirkan energi panas ke tangan kiri. Sebaliknya dari tangan kiri mengalirkan energi dingin ke tangan kanan selama kurang lebih 10 menit.
Saluran yang kiri, ida  nadi terletak pada sistem  nerves simpatik kiri diri anda. Sisi ini memunculkan sisi feminin atau Jalur Bulan, dan sisi ini adalah melambangkan masa lalu anda. Sisi ini juga yang mengatur emosi anda. Secara fisik  sisi tubuh kita diatur oleh jalur ini.Sisi kiri atau Ida Nadi melambangkan  keinginan murni  untuk mencari kebenaran.  Ketidaksesimbangan sisi ini atau  orang yang terlalu berat pada sisi kiri  akan selalu berada  dalam tekanan atau mudah terpengaruh oleh suasana. Inilah awal dari depresi karena hasrat dan emosi untuk memenuhi keinginan diri yang tiada  habisnya.  Tradisi Cina menyebut  sisi ini dengan aspek Yin (bulan/dingin/negatif). Dalam gambar Yin dan Yang, yang berwarna hitam sifatnya dingin.
Jalur Bulan ini bermula di cakra mooladhara (cakra dasar), tepatnya cakra minor anus anda, dan naik di sisi kiri, memotong cakra ajna dan membentuk superego di belahan otak kanan. Ia membawa masuk  ke dalam kesadaran manusia ingatan akan masa lampaunya  untuk menunjang semua tindakannya. Sepanjang jalur ini tetap aktif, maka manusia memiliki keinginan untuk tetap hidup. Pengalaman masa lampau disimpan sebagai superego dan mempengaruhi semua pertimbangan kita. (MM) baca artikel terkait

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...