Skip to main content

Mengatasi Bayi Sembelit Usia 1 Tahun

Menghadapi masalah sulit buang air besar atau sembelit terutama pada bayi, seringkali membuat resah dan panik para orang tua. Namun anda tidak perlu khawatir, mudah-mudahan informasi berikut ini bisa membantu Anda mengatasi kesulitan buang air besar pada bayi dan anak anda.
Berikan makanan yang mengandung serat yakni dengan memberikan buah-buahan seperti papaya, atau jus buah alami (buah di blender) dan berikan sayuran setiap harinya (misalnya sayuran yang di sup).

Jika bayi anda masih mengkonsumsi ASI, pastikan anda sebagai ibunya mengkonsumsi cukup serat seperti sayuran dan buahan setiap hari

Berikan kacang merah (dibuat sup kacang merah) sebagai sayuran atau bisa dengan memberikan makanan agar-agar yang mengandung serat

Mandikan bayi Anda dengan air hangat agar tubuhnya menjadi rileks sehingga bisa melancarkan buang air besarnya

Berikan air minum (air putih) setiap hari minimal 0.5-0.8 liter (pemberian minum dilakukan secara bertahap sedikit-sedikit namun sering), cara mudahnya anda sediakan saja botol air mineral sesuai ukuran setiap air dan usahakan agar bayi atau anak anda menghabiskannya setiap hari

Jika bayi atau anak anda mengkonsumsi susu formula, coba diencerkan susunya (jumlah air lebih banyak dibanding susu). Jika ini tidak juga menyelesaikan masalah sulit buang besar pada bayi anda, segera ganti susu formulanya dengan yang lain atau ganti dengan susu soya (susu kedelai)

Berikan tepung sagu yang biasa dikonsumsi masyarakat di Indonesia Timur sebagai bahan makanan. Sagu mengandung serat yang bisa menjaga mikroflora usus. Penyajian sagu bisa dibuatkan berupa bubur dari tepung sagu yang dimasak, seperti bubur mutiara yang biasanya terbuat dari sari pati sagu yang berbentuk bola-bola kecil dan lebih nikmat dimakan bersama gula jawa ditambah sedikit santan.

Jika anda repot menyediakan sagu dalam bentuk bubur, bisa anda coba melarutkan 3 - 5 sendok makan tepung sagu dalam segelas air hangat, campurkan gula jawa dan garam sebagai penyedap alami dan berikan kepada bayi atau anak anda dengan frekuensi 3 x sehari dan waktu penyajian ½ jam sebelum waktu makan bayi atau anak anda.

Selain untuk mengatasi susah buang air besar, sagu juga bermanfaat sebagai obat untuk penyakit lain seperti maag, kanker usus, disentri, dan berbagai penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

Jangan anda coba-coba memberikan bayi Anda obat pencahar tanpa resep dokter, karena salah-salah justru akan menimbulkan iritasi pada anus bayi atau anak anda. (MM) artikel lainnya

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…