Thursday, May 15, 2014

Mengenal Biji Kecipir yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Salah satu bagian pada tanaman kecipir yang kaya khasiat adalah bijinya. Biji kecipir tua banyak mengandung protein, dan asam amino. Kandungan asam amino pada biji kecipir lebih banyak dibanding kedelai. Asam amino bermanfaat untuk pertumbuhan sel tubuh.

Biji kecipir juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin darah. Ibu hamil dan menyusui, disarankan mengkonsumsi kacang-kacangan, salah satunya : biji kecipir, untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

Biji kecipir mengandung tokoferol, yang lebih tinggi dibanding kedelai. Tokoferol ini, berfungsi untuk melindungi vitamin A dari oksidasi, meningkatkan daya serap vitamin A, pemanfaatkan vitamin A, dan penyimpanan vitamin A dalam tubuh.

Orang orang Arab, Pakistan, dan Cina, selalu menggunakan biji kecipir sebagai salah satu komponen ramuan obat-obatan yang mereka buat. Biasanya biji kecipir digunakan untuk pengobatan tradisional, yaitu pelangsing tubuh, kesehatan kulit.

Bagaimana mengkonsumsi biji kecipir ?
Biji kecipir dapat direbus, atau digoreng sebagai kudapan, diolah menjadi minyak, tepung, pencapur kopi, teh, susu, kecap, tempe dan tahu. (MM) artikel bermanfaat lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...