Thursday, May 15, 2014

Mengenal Kecipir yang Kaya Manfaat

Tanaman kecipir merupakan tanaman merambat yang membentuk semak. Agar dapat tumbuh meninggi, dalam penanamannya biasanya diberi penyangga atau para-para. Kelopak bunga kecipir biasanya berwarna biru pucat, dapat dipakai sebagai pewarna makanan alami. Bentuk buahnya cukup unik, yakni berbentuk segi empat dengan sudut agak bersayap. Bijinya bulat dan berwarna coklat. Kandungan protein pada biji kecipir menyamai kandungan protein pada biji kedelai.

kecipir

Manfaat tanaman kecipir :

Obat tetes mata dan telinga. Siapkan beberapa daun kecipir, lalu rebus dengan sedikit air bersih sampai mendidih. Setelah dingin teteskan ke mata dan telinga.

Mengobati bisul. Campur perasan daun kecipir dengan adas pulosari, kemudian oleskan pada bisul.

Penambah nafsu makan.

Pengganti daging. Penelitian para ahli menemukan bahwa kandungan kalori, protein, lemak dan karbohidrat dalam kecipir jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan zat tersebut dalam daging.

Sebagai antioksidan. Minyak kecipir mengandung tokoferol yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan menyusui disarankan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kecipir ini untuk mencegah anemia. (MM) artikel oke lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...