Saturday, May 17, 2014

Perbedaan Karyawan dan Pengusaha/Pebisnis

Ini adalah perbedaan antara karyawan dengan pengusaha/pebisnis yang memang ada yang akan dialami oleh setiap individunya, dan itu tidak bisa dianggap benar/salah, berikut uraiannya:

MODAL
Modal dasar seorang karyawan biasanya IJAZAH. Prosesnya dimulai ketika ia merasa memiliki kebutuhan, baik itu uang, harga diri, maupun gengsi. Seorang dgn gelar tertentu (S1, S2, dst) tentunya agak gengsi kalau ia diketahui tidak memiliki pekerjaan, maka ia tawarkan ijazahnya ke perusahaan. Pengalaman ? ya menentukan juga, tapi pasti ada posisi-posisi yang tidak mewajibkan pengalaman. Tergantung perusahaan. Tapi pastinya, kalau ingin menjadi karyawan tanpa gelar sekolahan, jangan berharap banyak dapat gaji besar. Calon karyawan, kalau tidak berhasil masuk ke suatu perusahaan biasa melamar ke perusahaan lain.
Sementara modal seorang pengusaha/pebisnis adalah KENEKATAN. Kenapa bukan KEBERANIAN ? Karena jadi pebisnis tidak hanya butuh keberanian, tapi gak perlu nekat. Pemikiran akan bisnis biasanya dimulai dari adanya PELUANG.

PROSES
Ingin menjadi karyawan prosesnya rata2 sama. Sekolah dulu – Bikin surat lamaran – melamar kerja – serangkaian proses interview – mulai bekerja. Sederhana. Sabar aja sampai mendapatkan perusahaan dan gaji yang cocok. Tapi dijamin, hampir 100% orang yang baru lulus sekolah tidak muluk-muluk digaji besar.
Ingin menjadi pengusaha/pebisnis, prosesnya sangat panjang. Ketika anda mulai berbisnis, seseorang masih malu mengklaim bahwa dia adalah /PENGUSAHA/PEBISNIS. Modal minim dan seadanya.  Banyak pebisnis yang ketika mulai berbisnis bahkan tidak punya uang sama sekali. (MM) artikel bisnis lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...