Thursday, May 29, 2014

Tujuan Mencintai Pekerjaan

Bekerja menjadi segalanya dalam kehidupan masyarakat modern.   Bekerja menjadi ARTI KEHIDUPAN (Meaning of Life).  Bahkan tidak lagi menjadi sekedar memenuhi kebutuhan yang pragmatis. Bekerja menjadi akhir dari pencarian makna kehidupa.

Bagi manajer HRD kedua alasan diatas adalah MOTIVASI seseorang bekerja yang biasanya ujung-ujungnya adalah rupiah, atau dollar, atau mata uang yang lain yang dibawa pulang.  Jadi pilihannya PRAGMATIS (Bekerja tanpa arti) atau WORKOHOLIC (bekerja untuk bekerja).  Apakah itu salah?

Dalam dunia nyata sekarang asalkan karyawan ok, perusahaan ok.  That's it.  Terjadilah kerja sama.  Baik pragmatis maupun workoholic ga begitu penting.  Yang penting memenuhi kewajiban perusahaan. Titik.

Ketika kita mengerti tujuan dan misi kehidupan kita, maka ketika kita bekerja suatu pekerjaan yang sesuai arah misi kehidupan kita, uang dan material menjadi bonus dalam pekerjaan itu sendiri.  Arti kehidupan itu tidak berhenti di bekerja seperti orang yang gila kerja (workoholic), tapi arti kehidupan itu ada karena kita sedang hidup dalam sebuah MISI KEHIDUPAN.

Jadi, ada tiga pilihan dalam bekerja:

Working for Food

Working for Working

Working for Mission

(MM) artikel lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...