Skip to main content

Contoh Soal Guru Prestasi

Dalam mengukur prestasi seorang guru biasanya tiap tahun diadakan Lomba Guru Berprestasi dari tingkat kecamatan sampai tingkat. nasional. Berikut ini adalah contoh soal-soal lomba guru berprestasi atau biasa disingkat dengan gupres ditingkat kecamatan yang dimiliki oleh edukasi blog. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat bagi teman-teman guru sekolah dasar dimana saja.

Soal 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

Jelaskan kompetensi yang harus dikuasai guru menurut PP 74 tahun 2008?

Apakah yang dimaksud kurikulum yang menurut saudara ketahui?

Apa tujuan pendidikan nasional seperti apa yang diamanatkan dalam UU No.20 tahun 2003?

Sebutkan 8 standar nasional pendidikan yang tertulis dalam PP 19 tahun 2005!

Meliputi apa sajakah penilaian berbasis kelas?

Sebutkan kelompok mata pelajaran berdasarkan permen 22 tahun 2007!

Buatlah silabus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I semester I dengan tema diri sendiri dengan ketentuan sebagai berikut : Standar kompetensi : mendengarkan, memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilaksanakan. Kompetensi dasar : 1.1 menyebutkan tokoh dalam cerita, 1.2 melaksanakan sesuatu dengan perintah atau petunjuk sederhana

Sebutkan jenis administrasi proses pembelajaran yang biasa saudara kerjakan!

Apa yang dimaksud guru menurut PP 74 tahun 2008?

Apa yang dimaksud sertifikat pendidik menurut yang saudara ketahui?

Soal 2
Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan tepat!

Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar terdiri  dari 5 kelompok mata pelajaran. Sebutkan 5 kelompok mata pelajaran tersebut!

Sebutkan komponen-komponen silabus!

Peraturan pemerintah nomor dan tahun berapakah yang memuat tentang standar nasional pendidikan? Sebutkan 8 standar nasional pendidikan itu!

Model pembelajaran apakah yang menganut prisip dasar pembelajaran learning by doing?

Apakah yang dimaksud dengan authenttic Assesment pada pembelajaran kontektual?

Apakah yang digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan?

Berdasarkan undang-undang no 19 tahun 2005 ada 4 kompetensi seorang pendidik. Jelaskan 4 kompetensi itu!

Sebutkan tugas utama seorang guru!

Sebutkan ciri-ciri guru yang profesional!

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor dan tahun berapakah yang mengatur tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil?

Sebutkan jenis hukuman disiplin ringan menurut PP nomor 53 tahun 2005!

Meliputi apa sajakah sarana pendidikan itu?

Sebutkan sistimatika RPP secara lengkap!

Dalam manajemen berbasis sekolah ada 3 pilar utama. Sebutkan 3 pilar utama itu!

Standar kelulusan tercantum pada permendiknas nomor dab tahun berapa?

Soal 3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat!

1. Apa yang saudara ketahui tentang :

a. Pendidikan Formal

b. Pendidikan non formal

c. Sebutkan 5 contoh satuan pendidikan non formal menurut UU No, 20 tahun 2003!

2. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan menurut UU Sisdiknas RI No. 20 tahun 2003?

3. Apa tujuan pendidikan nasional berdasarkarkan Sisdiknas RI No. 20 tahun 2003?

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :

a. Visi

b. Misi

c. Berilah 2 contoh misi sebuah sekolah

5. PP 19/2005 berisi tentang standar nasional pendidikan. Sebutkan 8 standar dalam lingkup standar             nasional pendidikan!

6. Apa yang saudara ketahui :

a. 4 macam kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai PP 19/2005!

b. Penjelasan singkat 4 macam kompetensi tersebut!

7. Apa isi dari :

a. Permendiknas No. 22/2006?

b. Permendiknas No. 23/2006?

c. Permendiknas No. 24/2006?

8. Apa yang dimaksud dengan akreditasi?

9. Siapa saja yang bisa disebut tenaga kependidikan menurut UU sisdiknas No. 20/2003?

10. Sebutkan 8 kecerdasan menurut Howard Gardner! (MM) baca artikel terbaik lainnya

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…