Skip to main content

Metode Pembelajaran dan Macamnya

Metode merupakan salah satu “sub-sistem” dalam “sistem pembelajaran”, yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Metode adalah cara yang dianggap efisien yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu mata pelajaran tertentu kepada siswa-siswi agar tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya dalam proses kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Setiap mata pelajaran mempunyai metode tertentu sesuai dengan kekhususan mata pelajaran tersebut. Oleh sebab itu guru hendaknya dapat menentukan metode apa yang paling efisien bagi mata pelajarannya sehingga tujuan pengajaran tercapai secara maksimal dan efektif. Metode pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan dalam mengajar. Metode mengajar harus tepat, efisien dan efektif, sehingga siswa dapat menerima, memahami, menguasai, dan mengembangkan bahan pelajaran.

Metode Pembelajaran
Perlu diketahui bahwa tidak ada satu metode yang dapat dianggap lebih sempurna dari pada yang lain. Masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangannya. Karena itu dalam proses kegiatan pembelajaran dapat digunakan lebih dari satu metode yang disebut Metode Variasi.
Dalam penelitian ini variasi metode yang digunakan yaitu :
1. Metode Ceramah
Dalam metode ini guru sebagai pusat. Ia memberi ceramah tentang fakta, konsep, atau generalisasi yang diharapkan untuk dipelajari dan dihapalkan oleh siswa. Proses berfikir dilakukan oleh guru, sedangkan siswa belajar proses berfikir hanya jika mereka mampu mengalihkan (transfer) proses berfikir yang tersirat dalam ceramah guru dalam pekerjaan mereka. Guru menyiapkan semua petunjuk atau kunci jawaban.

2. Metode Tanya Jawab
Tanya jawab merupakan salah satu metode pengajaran yang harus melibatkan dua pihak, antara pengajar/pendidik dan siswa. Metode ini berguna untuk menciptakan suasana yang aktif dan hidup di dalam kelas. Sekaligus memberikan informasi kepada pengajar/pendidik sejauh mana siswa yang dibimbingnya telah menguasai/memahami materi yang telah diberikan. Sekalipun demikian, metode tanya jawab ini tidak selalu berlangsung dengan pengajar/pendidik yang memberikan pertanyaan dan siswa yang menjawab. Namun bisa juga sebaliknya, siswa yang memberikan pertanyaan dan pengajar/pendidik yang memberikan jawaban, atau juga berlangsung dua arah secara bersamaan. Pengajar/pendidik pun dapat mengukur sejauh mana siswa termotivasi dengan materi yang disampaikan.

3. Metode Pemberian Tugas
Metode tugas adalah pemberian tugas oleh guru kepada siswa sesuai dengan materi yang diajarkan dalam rangka mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Jika dalam metode ceramah terjadi komunikasi satu arah, maka metode pemberian tugas terjadi uji kognitif siswa dengan tolok ukur keberhasilan pengerjaan soal yang ada. Biasanya tugas yang diberikan menghadapkan siswa pada suatu atau sejumlah masalah yang disodorkan oleh guru.

4. Simulasi (demontrasi role playing)
Metode simulasi adalah metode yang mengharuskan siswa melakukan demontrasi dengan berlaku dengan peran yang telah ditentukan guru. Tujuan metode ini adalah untuk mengetahui kemamapuan psikomotor siswa sekaligus kualitas pemahaman siswa terhadapa materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa yang bersangkutan. (MM) baca artikel terkait

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…