Panduan dan Manfaat Meditasi

Berikut adalah tips sederhana yang dapat meningkatkan pengalaman meditasi Anda:

Duduk tegak. Postur yang tegak membantu pikiran untuk beristirahat. Anda bisa duduk di tanah dengan bantal yang untuk menopang punggung Anda, atau duduk di kursi bersandar tegak. Yang penting adalah menjaga agar tulang belakang Anda tegak tapi santai. Jauh lebih mudah untuk menjaga pikiran Anda tetap terfokus jika Anda berposisi tegak.

Perhatikan secara lembut tubuh Anda. Sangatlah membantu untuk berhubungan dengan tubuh Anda dalam rangka meditasi. Mulai pada kaki Anda dan perlahan-lahan scan tubuh Anda dengan pikiran Anda. Seperti apakah rasanya kaki Anda? Apakah yang Anda rasakan pada kaki Anda? Biarkan perhatian Anda secara perlahan-lahan melalui seluruh tubuh Anda.

Diam. Ketika pertama kali Anda mulai bermeditasi, Anda mungkin merasa gelisah dan mungkin ingin menyesuaikan postur tubuh Anda terus-menerus. sangatlah penting untuk tetap diam secara fisik selama meditasi. Setiap kali Anda bergerak, pikiran Anda aktif. Jadi tetaplah stabil dan diam.

Jadilah hening. Suasana yang  hening membantu Anda untuk menjadi hening di dalam. Dalam budaya Barat, keheningan telah menjadi sesuatu yang langka. Untuk menjadi diam di dalam, pastikan bahwa Anda berada di lingkungan yang tenang. Anda akan bisa menjadi sadar akan pikiran Anda jikalau Anda menjadi diam.

Fokus pada nafas Anda. Berilah perhatian secara lembut pada nafas Anda mengalir masuk dan keluar. Napas Anda adalah pintu untuk menuju keheningan. Perhatikan seperti apa nafas Anda saat terasa di hidung, dada, dan perut.

Lepaskan obrolan batin. Meditasi Kesadaran berarti menjadi sadar akan saat sekarang, tanpa menilai. Perhatikan pikiran Anda datang dan pergi. Ketika Anda menyadari bahwa Anda “terjebak” dalam sebuah dialog batin, secara lembut biarkan cerita itu berlalu.

Bawa perhatian Anda kembali ketika pikiran Anda mengembara. Secara lembut bawalah pikiran Anda kembali ke napas Anda bila pikiran Anda mengembara ke masa lalu atau masa depan. Pikiran kita cenderung mengembara. Itu kondisi alam. Jika Anda melatih diri untuk secara lembut kembali memperhatikan nafas Anda, pikiran Anda akan menjadi mantap. Dan Anda akan dapat membenamkan diri Anda pada saat ini.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari meditasi :

Mengurangi Stres

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Health Psychology menunjukkan bahwa meditasi kesadaran dapat menurunkan kadar hormon kortisol, Si Penyebab stres.

Mengenal Jati Diri

Kesadaran diri dapat membantu Anda melihat siapa diri Anda sebenarnya. Sebuah studi dalam

Journal of Psychological Science menunjukkan, kesadaran diri dapat membantu Anda menaklukkan 'sisi gelap' Anda, dan membantu menilai diri Anda secara lebih objektif. Hal ini tentu dapat memperkuat karakter, sehingga Anda dapat mengenal jati diri.

Meningkatkan Kualitas

Peneliti dari University of California, Santa Barbara, menemukan bahwa seseorang yang dilatih dalam meditasi kesadaran memiliki penalaran verbal yang lebih baik. Selain itu, kinerja memori mereka juga lebih optimal. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa meditasi ini merupakan teknik yang efektif dan efisien untuk meningkatkan fungsi kognitif," jelas para peneliti.

Melindungi Kerusakan Otak

Para peneliti dari University of Oregon menemukan bahwa pelatihan teknik meditasi seperti ini dapat melindungi seseorang dari penyakit mental dan kerusakan otak. Praktik meditasi ini dikaitkan dengan peningkatan sinyal di otak, dan peningkatan jaringan selubung saraf (mielin) di otak. (MM) baca artikel terbaik lainnya

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar