Saturday, June 14, 2014

Pembelajaran Metode Tanya Jawab

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan     manusia,karena pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan manusia dalam seluruh aspek kepribadian dan kehidupannya. Pendidikan memiliki kekuatan ( pengaruh ) yang dinamis dalam kehidupan manusia di masa depan.Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional(UUSPN ) pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa ” Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran,dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.Itulah sebabnya  setiap pendidikharus memiliki kemampuan mempengaruhi peserta didik.Pendidik sudah pasti harus memilih apa yang ”terbaik”bagi kehidupan peserta didik untuk masa kini dan masa depan.
Atas dasar pemahaman tentang beberapa definisi pendidikan maka dapat kita definisikan bahwa Pendidikan sekolah dasar bukan hanya memberi bekal kemampuan intelektual dasar dalam membaca ,menulis,dan berhitung saja melainkan juga sebagai proses mengembangkan kemampuan dasar secara optimal dalam aspek intelektual, sosial, dan personal untuk dapat melanjutkan pendidikn di SLTP
Tantangan pendidikan pada jenjang sekolah dasar di masa depan disadari akan semakin berat. Hal ini merupakan konsekuensi kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan..Hal itu diantaranya ditunjukkan dengan meningkatnya aspirasi  terhadap peningkatan pendidikan yang bermutu.
Adalah penting bagi seorang guru /pendidik untuk menerapkan teori belajar yang telah dikuasainya.Guru/tenaga kependidikan sebaiknya bukan lagi sebagai pusat proses pembelajaran,tetapi yang terpenting adalah memfasilitasi tumbuhnya motivasi belajar secara intrinsik pada diri peserta didik.Sebagai guru yang mengelola pembelajaran di sekolah dasar ,kita perlu memahami bagaimana anak seusia SD melakukan aktivitas belajar sehingga dapat menjadi fasilitator yang tepat bagi proses berlangsungnya belajar siswa.
Dalam pengajaran ,perumusan tujuan merupakan hal yang utama dan setiap proses pengajaran senantiasa diarahkan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.Atas dasar itu seorang guru akan merasa puas apabila telah melaksanakan tugas pembelajarannya dengan baik dan siswanya berhasil menguasai materi yang diajarkan dengan baik pula sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran yang direncanakan.
Dalam dunia pendidikan ,kita mengenal berbagai macam metode pengajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yaitu dari yang sederhana sampai dengan yang rumit pelaksanaanya.Metode tanya jawab merupakan salah satu metode pengajaran yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar.Melalui metode tanya jawab memungkinkan adanya aktifitas proses mental siswa untuk melihat adanya keterhubungan yang terdapat dalam materi pembelajaran.Dengan tanya jawab memungkinkan adanya interaksi dan komunikasi edukatif.
Yang harus diperhatikan dalam melaksanakan proses belajar dengan metode tanya jawab diantaranya siswa terlebih dahulu harus sudah mengetahui informasi dasar melalui membaca atau mendengarkan tentang materi yang akan dibahas.Dalam proses tanya jawab guru harus dapat mengarahkan jawaban yang kurang tepat menjadi jawaban yang benar.Cara dan sikap guru yang baik akan membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam bertanya maupun menjawab.
Dalam tanya jawab guru berusaha untuk menggali kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan atau menyampaikan tentang suatu masalah atau sesuatu yang belum diketahuinya dan berusaha untuk menjawab atau membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh teman-temannya.Untuk itu peserta didik harus aktif dalam menjawab pertanyaan baik pertanyaan yang diajukan oleh guru maupun pertanyaan dari teman-temannya.Dengan metode tanya jawab akan merangsang peserta didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru maupun temannya.Namun demikian ada hal yang paling mendasar yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan metode tanya jawab.Anak tidak sekedar membuat kalimat tanya ,tetapi pertanyaannya harus sesuai dengan materi pembelajaran dan harus terarah kepada kerangka materi tertentu. (MM) baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...