Friday, June 13, 2014

Pengertian Metode Pelatihan

Metode pelatihan disebut juga Training, merupakan suatau cara mengajar yang baik untuk memberikan kebiasaan-kebiasaan yang tertentu. Juga sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selain itu, metode pelatihan ini dapat digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, kecepatan, dan ketrampilan.
Metode ini mempunyai kelebihan dan juga mempunyai kelemahan. Maka dari itu, guru yang ingin mempergunakan metode pelatihan ini kiranya tidak salah untuk memahaminya.
a.  Kelebihan Metode Latihan
Untuk memperoleh kecepatan motorik, seperti menulis, menghafalkan huruf, menggunakan alat-alat.
Untuk memperoleh kecakapan mental, seperti dalam perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, dan sebagainya.
Pembentukan kebiasaan yang dilakukan dan menambah ketetaptan serta kecepatan pelaksanaan.
b.   Kelemahan Metode Pelatihan
Menghambat bakat dan inisiatif siswa, karena siswa lebih banyak dibawah penyesuaian dan diarahkan jauh dari pengertian.
Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan.
Kadang-kadang pelatihan yang dilaksanakan secara berulang-ulang merupakan hal yang mudah membosankan.
Metode ini diberikan karena dirasakan bahan pelajaran terlalu banyak sementara waktu sedikit. Artinya, banyak bahan yang tersediakan dengan waktu seimbang. Agar bahan selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan, maka metode inilah yang bisa digunakan untuk mengatasinya.
Pemberian pelatihan tidak sama denan pekerjaan rumah tetapi lebih luas dari itu. Pemberian pelatihan bisa dilaksanakan di rumah, di sekolah, di koperasi, dan di tempat lainnya. Pemberian pelatihan merangsang anak untuk aktif belajar dengan baik secara individu maupun secara kelompok. (MM) baca artikel terkait

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...