Saturday, June 14, 2014

Pengertian Prestasi Belajar

Untuk memberikan batasan mengenai pengertian prestasi beberapa pendapat akan disampaikan berikut ini. I Dewa Ketut Sukardi prestasi adalah “ taraf prestasi yang telah dicapai dari macam-macam mata pelajaran yang diikuti, dapat diteliti dari nilai-nilai raport dari setiap semester dan juga berbagai tes hasil belajar”. Sedang menurut Qohar  prestasi adalah “apa yang telah diciptakan atau hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja”. Selanjutnya Harahap dkk (1993 ; 45) memberi batasan bahwa prestasi adalah penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan murid yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang disajikan kepada mereka serta nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum. Sedang Poerwodarminto prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dari yang telah dilakukan dan dikerjakan.
Dengan demikian prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari yang telah dilakukan / dikerjakan yang dapat diukur dengan angka atau bentuk penghargaan yang lain. Dari penjelasan tersebut bahwa seseorang akan memperoleh prestasi yang tinggi atau rendah atau sedang itu tergantung bagaimana seseorang mampu menggunakan kemampuannya untuk melakukan sesuatu terhadap rangsangan dari luar. Untuk mengetahui prestasi seseorang dapat ditunjukkan dalam kegiatan belajar melalui evaluasi dan tes.
Pengertian Prestasi Belajar
Sehubungan dengan pengertian prestasi belajar, Winkel  menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidikan terhdap proses belajar dan hasil belajar siswa. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang dilakukan untuk melakukan seberapa jauh proses belajar dan hasil belajar siswa telah sesuai dengan tujuan instruksional yang sudah ditetapkan, baik menurut aspek isi maupun aspek prilaku.
Loekmono berpendapat bahwa prestasi belajar merupakan perwujudan atau aktualisasi dari kemampuan dan usaha belajar siswa dalam waktu tertentu. Sudjono memberikan pengertian prestasi belajar sebagai kemampuan yang dimiliki siswa setelah siswa menerima pengalaman belajarnya. Dengan mengetahui prestasi belajar siswa, guru dapat menyatakan dukungannya dalam kelas, apakah termasuk siswa yang pandai, sedang atau kurang. Biasanya prestasi belajar diwujudkan dengan angka, huruf, atau kalimat dan dicapai pada periode-periode tertentu.
Banyak cara untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pengajar dapat melakukannya dengan cara mengajukan pertanyaan lisan, memberikan pekerjaan rumah atau tugas tertulis atau melihat penampilan aktual dari tugas keterampilan dan tes tertulis(Crow  dan Crow 1990 ; 124). Winkel (1992 ; 103 ) berpendapat bahwa cara yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa biasanya berkaitan dengan tujuan dan bidang prestasi belajar yang akan dievaluasi. Tetapi yang palin umum dilakukan adalah melalui tes tertulis sehingga pada umumnya yang dimaksud dengan prestasi belajar adalah nilai-nilai hasil belajar yang diperoleh melalui pengukuran dengan alat tes. Prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai raport siswa.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidik terhadap proses dan hasil belajar siswa yang menggambarkan penguasaan siswa atas materi pelajaran atau prilaku yang relatif menetap sebagai akibat adanya proses belajar yang dialami siswa dalam jangka waktu tertentu. (MM) baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...