Sunday, June 29, 2014

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah
Di samping peran kepala sekolah, kepala sekolah memiliki Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Menurut Petunjuk Teknis (Juknis) pengisian instrumen Akreditasi Sekolah Dasar (2009:36), dijelaskan secara rinci tugas pokok dan fungsi kepala sekolah, sebagai berikut:
a. Menjabarkan visi ke dalam misi target mutu.
b. Merumuskan tujuan dan target mutu yang akan dicapai.
c. Menganalisis tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan sekolah.
d. Membuat rencana kerja strategis dan rencana kerja tahunan untuk pelaksanan peningkatan mutu.
e. Bertanggung jawab dalam membuat keputusan anggaran sekolah.
f. Melibatkan guru, komite sekolah dalam pengambilan keputusan penting sekolah.
g. Berkomunikasi untuk menciptakan dukungan intentif dari orang tua murid.
h. menjaga dan meningkatkan motivasi kerja pendidian dan tenaga kependidikan.
i. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa.
j. Bertanggung jawab atas perencanaan partisipatif menegenai pelaksanaan kurikulum.
k. Meningkatkan mutu pendidikan.
Dengan adanya tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) tersebut seorang kepala sekolah dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan tidak menyimpang dari Tupoksinya tersebut.

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Pengawas Sekolah
Menurut Mendiknas (2009:53), dinyatakan bahwa budaya mutu yang dapat ditunjukkan  adanya peningkatan kinerja kepala sekolah adalah peran hasil pengawasan dan supervisi Pengawas Sekolah. Berkaitan dengan ini maka hasil pengawasan dapat dipandang sebagai unsur yang menunjang penilaian kinerja kepala sekolah.
Bertitik tolak dari itulah pengawas sekolah sangat penting dalam meingkatkan kinerja kepala sekolah.  Maka dari itu, di sini perlu dibahas tugas pokok dan funsi pengawas sekolah.  Pembahasan tugas pokok dan fungsi Pengawas Sekolah dibahas sebagai landasan teori yang relevan untuk meneliti Penerapan Supervisi Manajerial Guna Meningkatan Kinerja Kepala Sekolah pada SD Binaan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tugas Pokok, Fungsi, wewenang dan Fungsi Pengawas Sekolah dapat dibuat bagan sebagai berikut (Depdiknas, 2007:4):
1. Tugas Pengawas Sekolah
Tugas nyata seorang pengawas pada garis besarnya ada dua macam, yaitu:
a. Melaksanakan Supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sebelum pengawas sekolah melaksanakan supervisi akademik terlebih dahulu menyusun kepengawasan akademik (RKA).
b. Melaksanakan supervisi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah. Sebelum pengawas sekolah melaksanakan supervisi manajerial  terlebih dahulu menyusun kepengawasan manajerial (RKM).
2. Wewenang Pengawas Sekolah
Salah satu wewenang pengawas sekolah adalah menilai dan menetapkan tingkat kinerja sekolah, kepala sekolah, guru, dan tendik lain. Jadi di sini seorang pengawas menilai peningkatan kinerja kepala sekolah sudah menjadi wewenang pengawas sekolah.
3. Fungsi Pengawas Sekolah
Pengawas sekolah melaksanakan tugas pokok dan wewenangnya harus menggunakan fungsinya, yaitu pengawas berfungsi mitra guru, inovator, konselor, motivator, kolaborator, asesor, evaluator, dan konsultan. (MM) baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...