Monday, August 25, 2014

Aktivitas Otak Saat Meditasi

Inilah yang sangat menarik. Menggunakan teknologi modern seperti scan fMRI, para ilmuwan telah mengembangkan pemahaman yang menyeluruh tentang apa yang terjadi pada otak ketika kita meditasi. Keadaan yang sungguh berbeda terjadi, otak kita berhenti memproses informasi tidak seaktif biasanya. Ini ditunjukkan dengan terjadinya penurunan gelombang beta. Gelombang beta merupakan pertanda otak kita sedang memproses informasi. Bahkan ini terjadi setelah sesi meditasi 20 menit pada orang yang sama sekali belum pernah melakukan meditasi sebelumnya.

Berikut penjelasan tentang apa yang terjadi pada otak kita selama meditasi:

Lobus depan

Adalah bagian otak yang paling berkembang, memberi pertimbangan, perencanaan, emosi, dan kesadaran diri. Selama meditasi, lobus depan cenderung offline.

Lobus parietal

Bagian otak yang memproses informasi sensorik tentang kondisi sekitar kita, membuat kita mengenali ruang dan waktu. Selama meditasi, aktivitas di lobus parietal melambat.

Thalamus

Sebagai penjaga indera, organ ini memfokuskan perhatian kita dengan menyalurkan data sensorik lebih dalam ke otak dan menghentikan sinyal lain di jalurnya. Meditasi mengurangi arus informasi yang masuk hingga minimal.

Formasi reticular

Sebagai penjaga otak, bagian ini menerima stimulus yang masuk dan menjadikan otak waspada, siap untuk memberi respon. Meditasi memanggil kembali sinyal yang kuat. Baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...