Monday, August 25, 2014

Cara Agar Bisa Menjadi Orang Beruntung

Bagaimana cara agar  bisa menjadi orang beruntung? Berikut ini resepnya:

1. Santai, rileks dan bersikaplah terbuka
Orang beruntung itu hidupnya santai, tidak tegang atau stress. Tidak semua hal harus diseriusin. Sikap seperti ini akan memudahkan mereka melihat, menangkap peluang dan melakukan aksi setiap saat. Bersikap santai dan terbuka akan membuat orang beruntung mampu melihat sesuatu dari segala aspek dan membuat otak mampu mencari solusi pemecahan masalah.

Semua setuju dengan resep ini dong ya. Pikiran tegang pasti membuat kita tidak fokus dan melewati peluang yang ada. Contoh nyata banyak di kehidupan kita sehari-hari. Misalkan, saya pernah melakukan reviu pekerjaan salah seorang teman yang melakukan pengisian SPT pajak. Oleh karena terburu-buru, pikiran tegang dan tidak santai, saya menemukan satu lembar lampiran SPT tidak ada. Dengan sedikit marah, saya mempertanyakan hal ini ke teman saya. Walhasil, ternyata sayalah yang salah. Semua lampiran sudah ada. Hanya saja lembar yang saya pertanyakan itu diletakkan di bagian paling belakang. Karena sudah kebiasaan, saya lebih fokus pada urutan sesuai nomor, padahal teman saya lebih memilihnya untuk memasukkan lampiran itu sebagai lembar terakhir, maksudnya agar lebih mudah dipahami. Terbukti kan! Pikiran tegang dan terlalu kaku pada aturan malah membuat kita kehilangan konsentrasi dan mempertanyakan sesuatu yang padahal semuanya sudah ada di situ.

Contoh lainnya, anak saya bilang bahwa dia lihat “angry birds”. Saya dan istri cuma celingukan mencari dimana ada “angry birds”? padahal kita sedang berhenti di lampu merah saat itu. Anda tahu? Yang ada dipikiran saya waktu itu adalah dia melihat penjual “angry birds” yang sedang menjajakan mainannya dipinggir jalan. Kita cari deh tuh. Tengok kanan tengok kiri. Sambil bertanya kepada anak saya di sebelah mana dia melihatnya. Saya masih celingak-celinguk. Istri saya yang melihatnya duluan berkata, ” Itu loh, Alicia lihat “angry birds” di helm orang yang naik motor di depan kita”. Hahaha…Lihatlah, anak kecil bisa begitu teliti dan memiliki daya jangkau penglihatan yang lebih tajam. Pikiran saya sudah fokus pada penjual dan mainan padahal “angry birds” juga bisa berupa gambar. Dan, siapa sangka gambar tersebut ada di helm orang.

2. Percayalah kata hati dan bersiaplah selalu
Orang beruntung itu percaya pada kata hatinya. Banyak orang bilang, mereka percaya pada intuisi. Memang, sebagian orang beruntung menurut penelitian Prof. Wiseman selalu menyediakan waktu khusus untuk menenangkan diri dan melatih “guts” mereka dengan cara tertentu. Namun, isyarat keberuntungan juga bisa dibaca lewat pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan.

Saya jadi ingat pernyataan Pak TP Rachmat (pengusaha sukses Indonesia) saat ditanya apa kiat suksesnya menjadi pengusaha ternama. Saya kutip sedikit kalimat penjelasannya sebagai berikut:

“Orang bilang keberuntungan adalah ketika kesiapan bertemu dengan kesempatan. Oleh karena itu, be ready-lah. Banyak baca koran dan majalah. Banyak ngobrol sama orang, banyak gaul sama orang-orang pinter. Siapkah terus diri Anda. Kesempatan kita tidak tahu kapan akan datang, tetapi tetaplah terus mempersiapkan dan membekali diri. Saya baru mulai usaha umur 55 tahun dan saya tidak punya apa-apa. Saya punya cuma kompetensi dan reputasi, pelan-pelan bisnis saya bangun sampai sekarang. Saya cuma lebih berani saja dari Anda karena kesiapan tadi. Itu saja. Berani dengan perhitungan. Kalau kita tidak pasti, tidak usah pinjem karena bisa-bisa nanti tidak mampu bayar.”

Pernyataan dari Pak TP Rachmat diatas sudah meng-cover resep 1 dan 2. Pernyataan bahwa keberuntungan adalah ketika kesiapan bertemu kesempatan, membuka pikiran saya perihal keberuntungan. Bersiaplah temans, agar saat kesempatan tiba Anda tidak melewatkannya.

3. Bersyukurlah
Orang beruntung itu tangguh. Mereka selalu mengambil hal positif dari setiap kejadian. Mereka cepat membuang pikiran negatif dan segera mengantinya dengan pikiran positif bila dihadapkan pada kejadian yang tidak sesuai harapan. Mereka berkata, segala sesuatunya bisa saja terjadi lebih buruk lagi. Seperti ini saja sudah baik. Kemudian hari akan lebih baik lagi.

Saya menyadari bahwa ini adalah perwujudan dari sikap bersyukur. Bersyukurlah selalu agar selalu beruntung.Bersyukurlah selalu agar kita tangguh disegala keadaan.

Orang beruntung mensyukuri apapun dalam hidup ini. Ingat bahwa segala sesuatu yang kita syukuri akan memberikan kenikmatan yang lebih banyak lagi bukan? Sikap bersyukur akan membuat kita merasa bahagia dan tercukupi. baca artikel hebat lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...