Monday, August 25, 2014

Cara Menetapkan KKm



 KKM ditetapkan dengan pertimbangan :
1.      Kompleksitas atau tingkat kesukaran.
2.      Daya dukung atau faktor pendukung.
3.      Inteke atau nilai rata-rata semester lalu.
A.    KOMPLEKSITAS ATAU TINGKAT KESUKARAN
Kompleksitas atau tingkat kesukaran artinya KD yang akan kita ajarkan itu sulit atau mudah.
 Kalau sulit maka kita mematok nilai harus rendah. Sebaliknya kalau kita anggap mudah, maka kita   harus mematok nilai tinggi. Kriteria kompleksitas adalah sebagai berikut:
        1. Kompleksitas rendah (materi mudah)        : 81 – 100
        2. Kompleksitas sedang                                  : 65 – 80
        3. Kompleksitas tinggi                                    : 50 - 64
 B. DAYA DUKUNG ( FAKTOR PENDUKUNG )
     Daya Dukung meliputi : guru,sarana prasarana media sumber belajar,pembiayaan,manajemen dan kepedulian stakeholders. Kriteria nilai daya dukung adalah sebagai berikut:
      a. Daya dukung rendah          :  50 – 64
      b. Daya dukung sedang          :  65 – 80
      c. Daya dukung tinggi            :  81 – 100
C. INTAKE ( MASUKAN )
     Intek atau masukan artinya nilai rata-rata yang dicapai oleh semester lalu.
 Kriteria Intake adalah sebagai berikut:
       a. Intake tinggi             :  81 – 100
       b. Intake Sedang          :   65 – 80
       c. Intake Rendah           :  50 – 64

  D.  PENETAPAN KKM
 KKM setiap mata pelajaran dibuat dengan langkah sebagai berikut :
1.      Tentukan KKM setiap indikator terlebih dahulu.
2.      Setelah setiap indikator ketemu, selanjutnya menentukan KKM setiap KD yang didapat dari rata-rata nilai KKM seluruh indikator dari satu KD.
3.      Selanjutnya tentukan KKM mapel yang didapat dari rata-rata KKM seluruh KD.
4.      Catatan :
KKM sitetapkan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang  nilai 0 – 100.Dan dibuat pada awal tahunpelajaran.
 CONTOH

KD dan INDIKATOR
Kriteria Ketuntasan Minimal

NILAI
KKM
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Komplek
D. Dukung
Intake
1.1.  Mendiskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur ter
bentuknya negara.



74,7
(75)
* Mendiskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
Sedang
75
Tinggi
90
Sedang
70

78,3
* Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.
Tinggi
65
Sedang
80
Sedang
70

68,3
* Menganalisa pengertian negara dan unsur terbentuknya negara.
Sedang
78
Tinggi
85
Sedang
70

77,6
 DAN SETERUSNYA.





Nilai KKM dari KD 1.1 adalah
                                               ( 78,3 + 68,3 + 77,6 ) : 3 (jumlah indikator ) = 74,7 = 75
Nilai KKM Mapel ditetapkan dari jumlah Nilai KKM seluruh KD dibagi jumlah KD dan KKM mapel tiap semester tidak berubah,sebab KKM ditetapkan untuk satu tahun pelajaran. Bila SD belum memiliki KKM, maka Intake / masukan diambil dari nilai rata-rata tahun laluyang ada pada rapor siswa. Kalau SD sudah memiliki KKM , maka intake diambil dari KKM yang sudah ada. baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...