Skip to main content

Cara Menetapkan KKm



 KKM ditetapkan dengan pertimbangan :
1.      Kompleksitas atau tingkat kesukaran.
2.      Daya dukung atau faktor pendukung.
3.      Inteke atau nilai rata-rata semester lalu.
A.    KOMPLEKSITAS ATAU TINGKAT KESUKARAN
Kompleksitas atau tingkat kesukaran artinya KD yang akan kita ajarkan itu sulit atau mudah.
 Kalau sulit maka kita mematok nilai harus rendah. Sebaliknya kalau kita anggap mudah, maka kita   harus mematok nilai tinggi. Kriteria kompleksitas adalah sebagai berikut:
        1. Kompleksitas rendah (materi mudah)        : 81 – 100
        2. Kompleksitas sedang                                  : 65 – 80
        3. Kompleksitas tinggi                                    : 50 - 64
 B. DAYA DUKUNG ( FAKTOR PENDUKUNG )
     Daya Dukung meliputi : guru,sarana prasarana media sumber belajar,pembiayaan,manajemen dan kepedulian stakeholders. Kriteria nilai daya dukung adalah sebagai berikut:
      a. Daya dukung rendah          :  50 – 64
      b. Daya dukung sedang          :  65 – 80
      c. Daya dukung tinggi            :  81 – 100
C. INTAKE ( MASUKAN )
     Intek atau masukan artinya nilai rata-rata yang dicapai oleh semester lalu.
 Kriteria Intake adalah sebagai berikut:
       a. Intake tinggi             :  81 – 100
       b. Intake Sedang          :   65 – 80
       c. Intake Rendah           :  50 – 64

  D.  PENETAPAN KKM
 KKM setiap mata pelajaran dibuat dengan langkah sebagai berikut :
1.      Tentukan KKM setiap indikator terlebih dahulu.
2.      Setelah setiap indikator ketemu, selanjutnya menentukan KKM setiap KD yang didapat dari rata-rata nilai KKM seluruh indikator dari satu KD.
3.      Selanjutnya tentukan KKM mapel yang didapat dari rata-rata KKM seluruh KD.
4.      Catatan :
KKM sitetapkan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang  nilai 0 – 100.Dan dibuat pada awal tahunpelajaran.
 CONTOH

KD dan INDIKATOR
Kriteria Ketuntasan Minimal

NILAI
KKM
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Komplek
D. Dukung
Intake
1.1.  Mendiskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur ter
bentuknya negara.



74,7
(75)
* Mendiskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
Sedang
75
Tinggi
90
Sedang
70

78,3
* Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.
Tinggi
65
Sedang
80
Sedang
70

68,3
* Menganalisa pengertian negara dan unsur terbentuknya negara.
Sedang
78
Tinggi
85
Sedang
70

77,6
 DAN SETERUSNYA.





Nilai KKM dari KD 1.1 adalah
                                               ( 78,3 + 68,3 + 77,6 ) : 3 (jumlah indikator ) = 74,7 = 75
Nilai KKM Mapel ditetapkan dari jumlah Nilai KKM seluruh KD dibagi jumlah KD dan KKM mapel tiap semester tidak berubah,sebab KKM ditetapkan untuk satu tahun pelajaran. Bila SD belum memiliki KKM, maka Intake / masukan diambil dari nilai rata-rata tahun laluyang ada pada rapor siswa. Kalau SD sudah memiliki KKM , maka intake diambil dari KKM yang sudah ada. baca artikel terbaik lainnya

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…