Monday, August 25, 2014

Komunikasi Produktif

Komunikasi produktif akan tercapai apabila masing-masing pihak yang terlibat memiliki rasa puas dalam arti menerima bentuk reaksi yang sebagaimana diharapkan. Sehingga menunjang kelangsungan komunikasi.

A. Mengapa sering terjadi suatu komunikasi yang tidak produktif

Hal ini sering terjadi karena cara atau gaya komunikasi yang disampaikan tidak tepat. Untuk dapat berkomunikasi secara produktif diperlukan penggunaan gaya yang tepat dan pada waktu yang tepat pula.

B. Apa itu gaya komunikasi

Sering kita mengatakan bahwa seseorang itu bicara kekanak-kanakan dan sebagainya. Itulkah yang dimaksud gaya komunikasi, bagaimana cara orang itu menyampaikan sesuatu, pilihan kata-katanya, nada suaranya dan sebagainya.

C. Ada tiga gaya komunikasi

1. Gaya orang tua

Nada suara keras, menghardik, atau menenangkan, membujuk, kata-kata yang dipergunakan memerintah aatau menyenangkan, seperti : seharusnya, jangan, sebaiknya, dsb. Sikap tubh : bertolak pingggang, mengangguk-anggukkan kepala, dsb. Ekspresi wajah : marah, jengkel, dsb.

2. Gaya orang dewasa

Nada suara tenang – datar. Kata-kata yang dipergunakan orang dewasa, yaitu : menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan : kapan, bagaimana, dsb. Sikap tubuh : rileks, pandangan mata langsung. Ekspresi wajah : tenang, terbuka, dan tidak mengekspresikan suatu perasaan..

3. Gaya anak-anak

Nada sura nyaring, merengek, manja, dsb. Kata-kata yang diupergunakan, seperti anak-anak : aduh, hebat, kata-kata seperti ‘ah’, ‘nih’, ‘sih’, dsb. Sikap tubuh malu, canggung menggigit kuku.

Komunikasi produktif terjadi apabila 2 orang individu berkomunikasi dengan gaya yang saling menunjang. Misalnya ;

               A : Gaya orang tua – Gaya anak-anak

               B : Gaya orang dewasa – Gaya orang dewasa

Selain itu juga harus melihat situasinya. Gaya orang tua mungkin sesuai dengan situasi A tetapi mungkin tidak sesuai dengan situasi B. oleh karena itu komunikasi produktif akan tercapai dengan penggunaan gaya yang tepat pada situasi yang tepat pula.

Komunikasi produktif dapat dipelajari dengan mengenal unsur-unsur dibawah ini ;
Mengenal lawan bicara Anda dan gaya komunikasinya
Mengenal situasi dan mengetahui gaya komunikasinya yang tepat untuk situasi tersebut serta untuk lawan bicara
Memancing lawan bicara Anda untuk menggunakan suatu gaya komunikasi tertentu sesuai dengan gaya yang Anda harapkan. baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...