Skip to main content

Seputar Silabus Pembelajarab

Pengertian Silabus
Silabus merupakan penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh siswa. Silabus juga merupakan acuan untuk merencanakan
penjabaran kompetensi dan tujuan ke dalam rincian kegiatan dari strategi pembelajaran,
kegiatan dan strategi, prosedur penilaian, bentuk instrumen, serta alokasi waktu per matapelajaran per satuan pendidikan dan per kelas.
Pengembangan silabus dan penilaian berbasis kompetensi bersifat hierarkis atau
berstruktur yaitu diawali dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, kegiatan
pembelajaran, alokasi waktu, dan penilaia

Tujuan dan Manfaat Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan pembelajaran lebih lanjut mulai dari perencanaan, pengelolaankegiatanpembelajarandan pengembangan penilaian.
Perumusan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan interaksi antara siswa dengan sumber belajar dalam
rangka mencapai kompetensi dasar, standar kompetensi baik di dalam maupun di luar kelas.
Menggunakan kata kerja operasional untuk kegiatan belajar .
Kegiatan pembelajaran diharapkan memuat pengalaman belajar yang bermuatan life
skill atau kecakapan hidup (kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara
proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya.
Modus pengalaman belajar diharapkan siswa akan memperoleh :
10 % dari apa yang kita baca
20 % dari apa yang kita dengar
30 % dari apa yang kita lihat
50 % dari apa yang kita lihat dan dengar
70 % dari apa yang kita katakan
90 % dari apa yang kita katakana dan lakukan
Teknik Merumuskan Alokasi waktu
Penetapan alokasi waktu harus memenuhi criteria :
1. Kompleksitas
2. Frekuensi penggunaan
3. Banyaknya materi yang dibelajarkan
4. Pentingnya materi bagi siswa
Komponen Silabus
Silabus harus disusun secara sistematis oleh guru bersama-sama de-ngan para tenaga
kependidikan yang terkait, berisikan beberapa komponen yang saling berkaitan. Komponen
tersebut dimaksudkan untuk memenuhi target pencapaian kompetensi dasar, yaitu
kompetensi minimal yang dapat membantu dan memandu para guru dalam rangka mengelola
pembelajaran. Komponen silabus terdiri atas
1. Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup
kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui dan
mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan.
Jadi standar kompetensi lulusan suatu jenjang pendidikan sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional mencakup komponen pengetahuan, keterampilan, kecakapan,
kemandirian, kreativitas, kesehatan, akhlak, ketakwaan dan kewarganegaraan
2. Kompetensi dasar
Kompetensi merupakan pernyataan tujuan yang menjelaskan apa yang harus
diketahui siswa dan kemampuan melakukan sesuatu dalam mempelajari suatu mata
pelajaran. Kompetensi juga menunjukkan adanya spesifikasi skor dan perolehan peringkat. baca artikel terbaik lainnya

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…