Monday, August 25, 2014

Seputar Silabus Pembelajarab

Pengertian Silabus
Silabus merupakan penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang harus dicapai oleh siswa. Silabus juga merupakan acuan untuk merencanakan
penjabaran kompetensi dan tujuan ke dalam rincian kegiatan dari strategi pembelajaran,
kegiatan dan strategi, prosedur penilaian, bentuk instrumen, serta alokasi waktu per matapelajaran per satuan pendidikan dan per kelas.
Pengembangan silabus dan penilaian berbasis kompetensi bersifat hierarkis atau
berstruktur yaitu diawali dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, kegiatan
pembelajaran, alokasi waktu, dan penilaia

Tujuan dan Manfaat Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan pembelajaran lebih lanjut mulai dari perencanaan, pengelolaankegiatanpembelajarandan pengembangan penilaian.
Perumusan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan interaksi antara siswa dengan sumber belajar dalam
rangka mencapai kompetensi dasar, standar kompetensi baik di dalam maupun di luar kelas.
Menggunakan kata kerja operasional untuk kegiatan belajar .
Kegiatan pembelajaran diharapkan memuat pengalaman belajar yang bermuatan life
skill atau kecakapan hidup (kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara
proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya.
Modus pengalaman belajar diharapkan siswa akan memperoleh :
10 % dari apa yang kita baca
20 % dari apa yang kita dengar
30 % dari apa yang kita lihat
50 % dari apa yang kita lihat dan dengar
70 % dari apa yang kita katakan
90 % dari apa yang kita katakana dan lakukan
Teknik Merumuskan Alokasi waktu
Penetapan alokasi waktu harus memenuhi criteria :
1. Kompleksitas
2. Frekuensi penggunaan
3. Banyaknya materi yang dibelajarkan
4. Pentingnya materi bagi siswa
Komponen Silabus
Silabus harus disusun secara sistematis oleh guru bersama-sama de-ngan para tenaga
kependidikan yang terkait, berisikan beberapa komponen yang saling berkaitan. Komponen
tersebut dimaksudkan untuk memenuhi target pencapaian kompetensi dasar, yaitu
kompetensi minimal yang dapat membantu dan memandu para guru dalam rangka mengelola
pembelajaran. Komponen silabus terdiri atas
1. Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup
kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui dan
mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan.
Jadi standar kompetensi lulusan suatu jenjang pendidikan sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional mencakup komponen pengetahuan, keterampilan, kecakapan,
kemandirian, kreativitas, kesehatan, akhlak, ketakwaan dan kewarganegaraan
2. Kompetensi dasar
Kompetensi merupakan pernyataan tujuan yang menjelaskan apa yang harus
diketahui siswa dan kemampuan melakukan sesuatu dalam mempelajari suatu mata
pelajaran. Kompetensi juga menunjukkan adanya spesifikasi skor dan perolehan peringkat. baca artikel terbaik lainnya

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...