Skip to main content

RPP Kelas 1 Pertemuan 3 Tema 1 Semester Ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
þ  Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya (KI-4)

Penjas Orkes
þ  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI-2)
þ  Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya (KI-3)
þ  Mengetahui cara menjaga  kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, dan rambut  dan pakaian (KI-3)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional (KI-4)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional (KI-4)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional (KI-4)
þ  Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk meningkatkan keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana (KI-4)
þ  Mempraktikkan  berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian) KI-4)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik (KI-4)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
þ  Menggambar/melukis berbagai bangun datar sederhana
þ  Menggambar/ membentuk segitiga atau segi empat dengan menggunakan alat sederhana yang memiliki ciri tertentu (misal tinggi sama atau ciri lainnya)

Penjas Orkes
þ  Mampu bekerjasama dengan teman dan guru selama beraktivitas
þ  Mampu menampilkan unjuk kerja gerak tanpa ragu
þ  Mampu melakukan aktivitas yang ditugaskan tanpa rasa takut
þ  Menyebutkan struktur tubuh
þ  Menyebutkan angota tubuh bagian atas dan kegunaannya
þ  Menyebutkan anggota tubuh bagian bawah dan kegunaannya
þ  Menyebutkan alasan mengaopa harus mandi, potong kuku, sikat gigi )
þ  Melakukan praktek menggososk gigi, potong kuku
þ  Memperagakan gerak dasar berjalan
þ  Memperagakan gerak dasar mengayun
þ  Memperagakan gerak dasar menggulirkan bola
þ  Memperagakan gerak dasar menyepak bola
þ  Memperagakan gerak keseimbangan di tempat
þ  Mempraktikan gerak melompat  dan mendarat dengan dua kaki
þ  Memperagakan gerak melenggok  ke berbagai arah berirama’
þ  Menyebutkan otot-otot yang berperan dalam aktivitas berjalan, berlari dan melompat  


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
þ  Gambar bangun datar sederhana
þ  Gambarsegitiga atau segi empat.

Penjas Orkes
þ  Formasi lingkaran dalam permainan sepak bola
þ  Gambar jantung dan paru-paru
þ  Lagu Dari Sabang Sampai Merauke dengan diiringi tepukan tangan, jentikan jari atau hentakan kaki
þ  Gambar bebas sesuai tema dan menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan guru
þ   Menyanyikan lagu syair lagu “Aku Anak Sehat”  dengan memperdengarkan lagu dengan ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara individu
þ   Membahas isi lagu tersebut
þ   siswa menunjuk gambar dan  melakukan  tanya jawab tentang tempat ibadah yang ada di sekitarnya dengan artikulasi yang tepat.
þ   Menyepak bola menggunakan kaki kiri / kanan dalam formasi lingkaran dengan menunjukkan nilai kerjasama
þ   Berdiri dengan satu kaki, lengan diluruskan ke samping dan kaki lainnya di lipat di depan badan, di luruskan ke depan, di luruskan ke samping
þ   Mengamati gambar jantung dan paru-paru kemudian meraba posisi jantung dan paru-paru masing-masing
þ   Menyebutkan apa yang terjadi dengan jantung dan nafas setelah melakukan aktivitas fisik
þ   Memasangkan gambar tentang kepeduliannya terhadap sesama (misal: memberi santunan pada yatim piatu).
þ   Membahas bentuk kepedulian terhadap sesama melalui media gambar
þ   Menceritakan kebiasaan yang baik di rumah dan sekolah dilanjutkan dengan
þ   Bermain peran tentang berperilaku santun kepada orang lain di lingkungannya dengan mengucapkan sapaan, terima kasih dan maaf secara tepat
þ   Tanya jawab tentang aturan di rumah dan di sekolah
þ   Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk segitiga atau segiempat yang dibawa dari rumah berdasarkan jumlah sisi, sudut, dsb.
þ   Memegang alat tulis dengan tepat untuk menghubungkan gambar garis lurus dan lengkung dari titik-titik
þ   Membuat gambar ekspresi dari bentuk bangun datar segitiga atau segiempat
þ   Melompat satu dan dua kaki di atas gambar bentuk bangun dasar segitiga dan segiempat
þ   Membuat bentuk segitiga dan segiempat menggunakan berbagai media (misalnya: batang korek api, lidi, tusuk gigi, dll)
þ   Menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke dengan diiringi tepukan tangan, jentikan jari atau hentakan kaki
þ   Bermain mengayunkan lengan dari posisi berdiri, berdiri dengan lutut, dan duduk selonjor ke berbagai arah dengan percaya diri.
þ   Menyanyikan lagu tersebut sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok/bersama-sama
þ   Menggambar bebas sesuai tema dan Menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)

35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…