Tuesday, October 7, 2014

RPP Kelas 1 Semester 1 Tema Keluargaku Pertemuan 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Keluargaku
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
þ  Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1,KD-2)
þ  Membacakan doa dengan pengucapan yang baik (KI-1, KD-3)
þ  Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2, KD-1)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI-2, KD-2)
þ  Mengenali melalui pengamatan terhadap objek, bentuk benda, wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar rumah, jalan, dan sekolah (KI-3, KD-1)
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4,KD-1)
þ  Menceritakan hasil pengamatan di rumah, jalan, sekolah dengan kalimat sederhana (KI-4,KD-2)
þ  Berbicara spontan tentang diri (KI-4,KD-3)
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) (KI-4, KD-8)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
þ  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ  Berbicara mengikuti giliran
þ  Memandang wajah kawan bicara pada waktu berbicara
þ  Memperlihatkan raut muka yang ramah
þ  Menanggapi dengan bahasa tubuh yang sesuai
þ  Memperkenalkan diri dengan sopan  kepada guru dan teman sekelas
þ  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menyebutkan contoh benda berbentuk bulat, segitiga, tabung, kubus, kotak, dan balok.
þ  Menyebutkan contoh benda padat dan benda cair yang ada di lingkungan sekitar
þ  Membedakan benda padat dan benda cair berdasarkan ciri-cirinya
þ  Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh (kepala, badan, dan kaki)
þ  Menyebutkan bagian tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi) dan kegunaannya
þ  Membiasakan merawat tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
þ  Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan
þ  Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih
þ  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Menceritakan posisi batas rumah (tetangga/ jalan,/kantor, dll
þ  Menceritakan dengan kalimat sederhana hasil pengamatan  tentang letak sekolah
þ  Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ  Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menghubungkan titik-titik yang membentuk garis lurus lengkung, dan bulat
þ  Membuat garis lurus, lengkung, dan bulat
þ  Menjiplak huruf
þ  Menulis garis lurus lengkung, dan bulat untuk membentuk huruf
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
þ  Teks ceritadiri/personal tentangkeberadaan keluargadengan bantuan guruatau teman dalambahasa Indonesia lisandan tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasadaerah untuk membantupemahaman
þ  Teks ceritadiri atau personal tentangkeluarga secara mandiridalam bahasa Indonesialisan dan tulis yang dapatdiisi dengan kosakatabahasa daerah untukmembantu penyajian


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Keluargaku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Melakukan kunjungan ke tempat budaya, seperti museum, candi atau Taman Mini Indonesia Indah/yang sejenis sebagai wujud keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan
þ   Mengenal dan menceritakan beberapa sikap positif ketika berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah
þ   Dalam di kelas, membiasakan berbicara dalam berpendapat secara bergantian
þ   Membiasakan berbicara dengan teman dengan menatap wajah temannya dan bersikap dengan raut muka yang ramah serta bahasa tubuh yang sesuai
þ   Menyusun gambar dalam sekuensi yang menunjukkan  sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/ kasih sayang dan percaya  diri yang ditunjukkan di dalam pertemanan di sekolah.
þ   Mengelompokkan gambar yang mengandung sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri  terhadap teman
þ   Membiasakan menyapa, mengucapkan terima kasih dan maaf secara benar sesuai konteks
þ   Mengenali gambar-gambar yang menunjukkan tata tertib di sekolah
þ   Mengenal dan menceritakan beberapa sikap positif ketika berinteraksi dengan teman di sekolah
þ   Dalam di kelas, membiasakan berbicara dan berpendapat secara bergantian
þ   Menunjukkan gambar kegiatan bersama teman (yang diambil dari surat kabar, majalah atau iklan) kemudian menceritakannya sesuai kemampuan siswa
þ   Menyusun gambar dalam sekuensi yang menunjukkan  sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/ kasih sayang yang ditunjukkan di dalam pertemanan.
þ   Mengelompokkan gambar yang mengandung sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, terhadap teman
þ   Membiasakan menyapa, mengucapkan terima kasih dan maaf secara benar sesuai konteks
þ   Mengenali gambar-gambar yang menunjukkan tata tertib di sekolah
þ   Mempraktikkan lompat tali secara berpasangan dan melaksanakan perilaku menunggu giliran sebagai penerapan tata tertib dalam pertemanan
þ   Bersikap percaya diri dalam permainan kelompok
þ   Mengamati benda-benda di lingkungan sekitar dan menyebutkan bentuknya (bulat, segitiga, tabung, kubus, kotak, balok, dsb).
þ   Menjiplak gambar benda yang berbentuk (bulat, segitiga, tabung, kubus, kotak, balok, dsb)
þ   Menunjukkan dan menceritakan hasil karyanya kepada teman-temannya dengan percaya diri
þ   Mengamati benda-benda di lingkungan sekitar dan mengolongkan ke dalam benda padat dan cair
þ   Dengan contoh yang diberikan guru (misalnya dengan membawa gelas aneka bentuk, botol aneka bentuk, baskom, piring dan sebagainya), peserta didik mengamati ciri-ciri benda padat dan benda cair serta menceritakannya kepada teman
þ   Melakukan percobaan perubahan wujud benda dan mengamati perubahan wujud benda padat menjadi benda cair (es mencair), dan benda cair menjadi benda padat (es membeku) serta menceritakannya kepada teman.
þ   Menimbang benda secara manual benda-benda di sekitarnya
þ   Melakukan  penimbangan berat benda dengan timbangan atau neraca
þ   Menaksir berat suatu benda secara individual dan kelompok

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
 
I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...