Tuesday, October 7, 2014

RPP Kelas 1 Semester 1 Tema Keluargaku Pertemuan 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Keluargaku
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari



A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSIDASAR
MATEMATIKA
þ  Menunjukkan perilaku rapi dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
þ  Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda  menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)
þ  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya
 
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATEMATIKA
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan ukurannya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan beratnya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan urutan kelompoknya
þ  Meletakkan benda dengan tepat ke dalam kelompok benda sehingga rapi
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan ukuran bentuk permukaannya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
þ  Memberi contoh benda yang lebih berat atau lebih ringan dari benda lain dengan membandingkannya secara manual (memegang) atau menggunakan alat
þ  Mengukur berat benda dengan satuan tak baku menggunakan timbangan, jungkat jungkit, atau neraca
þ  Menaksir benda yang lebih berat atau lebih ringan dari benda lain
þ  Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
þ  Menentukan unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
þ  Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
þ  Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
þ  Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan

 D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
þ  Mengukur berat dan ukuran suatu benda

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Keluargaku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Menyanyikan lagu “ Pergi ke Sekolah “
þ   Menceritakan makna lagu “ Pergi ke Sekolah “
þ   Menyebutkan beberapa contoh hak dan kewajiban anak di dalam rumah.
þ   Menyebutkan beberapa contoh hak dan kewajiban anak di sekolah
þ   Menyebutkan beberapa contoh hak dan kewajiban ayah dan ibu.
þ   Mengamati letak rumah dari sisi kiri, kanan, depan dan belakang
þ   Menggambar hasil pengamatan tentang  letak rumah
þ   Bercerita dengan kalimat sederhana posisi rumah yang berbatasan dengan tetangga,  jalan, warung, kantor atau rumah ibadat. 
þ   Mengamati batas-batas rumah  dari sisi kiri, kanan, depan dan belakang
þ   Bercerita dengan kalimat sederhana letak rumah dan batas-batasnya
þ   Mengajak siswa mengamati alam sekitar rumah
þ   Mengamati berbagai bahan alam yang di dekat rumah yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan gunting, lipat dan tempel
þ   Mengumpulkan bahan alam di dekat rumah yang akan digunakan untuk membuat karya untuk ayah atau ibu
þ   Melihat berbagai karya kreatif dari bahan alam hasil mengunting, menempel dan melipat (secara langsung atau lewat gambar)
þ   Membuat karya untuk ibu atau ayah (semacam kartu ucapan) sebagai tanda terima kasih, dengan mengunting, melipat dan menempel bahan alam sesuai bentuk pola dan alur sederhana
þ   Mempraktikkan lompat tali secara berpasangan
þ   Bercerita secara runtut tentang suatu kejadian yang dialami di rumah dengan lafal dan artikulasi yang jelas, suara yang enak didengar dan bahasa yang baik
þ   Membiasakan membaca dengan sikap yang benar jarak bacaan
þ   Membiasakan membaca dengan jarak bacaan, letak teks, cahaya yang cukup dan sikap duduk yang benar
þ   Mengurutkan benda-benda dari yang paling berat ke yang ringan
þ   Menghitung jumlah dua angka satuan secara manual
þ   Menghitung pengurangan dua angka satuan secara manual

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Buku Pengembangan Diri Anak


I.       PENILAIANProses dan Hasil Belajar
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...