RPP Kelas 1 Semester Tema 1 Pertemuan 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
þ  Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya  (KI-2)
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4)
þ  Berbicara spontan tentang diri
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4)

Matematika
þ  Menunjukkan perilaku rapi dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar dengan rapi (KI-2)
þ  Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan   benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain (KI-3)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
þ  Berbicara mengikuti giliran
þ  Memandang wajah kawan bicara pada waktu berbicara
þ  Memperlihatkan raut muka yang ramah
þ  Menanggapi dengan bahasa tubuh yang sesuai
þ  Memperkenalkan diri dengan sopan  kepada guru dan teman sekelas
þ  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan nama-nama bagian anggota tubuh
þ  Menyebutkan kegunaan anggota tubuh
þ  Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ  Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menulis garis lurus dan lengkung dari titik-titik

Matematika
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan bentuk atau ukurannya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan beratnya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan urutan kelompoknya
þ  Meletakkan benda dengan tepat ke dalam kelompok benda sehingga rapi
þ  Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk segitiga atau segi empat
þ  Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk kotak, bulat, dan tabung


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
þ  Penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
þ  Perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
þ  Ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya 
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan

Matematika
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan bentuk atau ukurannya


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan guru
þ   Menyanyikan lagu anak tentang anggota tubuh misal “Dua mata saya.. sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok atau individu
þ   Mengulang kata-kata dalam lagu
þ   Menyebutkan anggota tubuh bagian atas dan bagian bawah secara Lisan
þ   Menunjukkan ciri-ciri bentuk fisik siswa di depan kelas
þ   Menyebutkan nama anggota tubuhnya,kemudian menyebutkan fungsinya
þ   Mengamati gambar rangka dan meraba bagian rangka pada tubuh
þ   Bermain mengayunkan lengan dari posisi berdiri, berdiri dengan lutut, dan duduk selonjor ke berbagai arah dengan percaya diri
þ   Menggulirkan bola di antara kedua lengan yang diluruskan, menggulirkan bola antara kedua tungkai yang diluruskan sambil duduk.
þ   Menceritakan tentang kegiatan yang dilakukan di rumah
þ   Melakukan praktek menggosok gigi
þ   Menjelaskan cara memakai pakaian seragam tanpa dibantu orang lain
þ   Siswa memperagakan cara memakai pakaian seragam tanpa dibantu orang lain
þ   Bermain bersama teman teman tanpa memandang perbedaan.
þ   Menunjukkan gambar-gambar kepeduliannya terhadap sesama (misal: memberi santunan pada yatim piatu)
þ   Bercerita  mengenai perilaku yang harus dilakukan ketika menemukan barang/uang dirumah dan sekolah, atau perilaku lain berkaitan dengan kejujuran
þ   Masing-masing anak menceritakan potensi (minat/kegemaran) dirinya kepada temannya
þ   Lomba menata dan meletakkan dengan rapi benda di sekitar kelasberdasarkan urutan dan kelompoknya
þ   Mengambil benda dengan ciri yang ditentukan oleh guru, untuk ditempatkan secara urut dari paling sedikit
þ   Mengambil benda dengan jumlah yang ditentukan oleh guru, untuk ditempatkan secara urut dari paling sedikit
þ   Membilang bilangan secara urut dari terkecil hingga terbesar
þ   Menujukkan gambar orang-orang berpakaian daerah
þ   menyebutkan gambar tempat ibadah yang diperlihatkan dan menyebutkan agama yang terkait
þ   Menjawab pertanyaan daerah asal orangtuanya dengan santun
þ   Menunjukkan perbedaan tempat fasilitas umum untuk laki-laki dan perempuan (wc, tempat wudhu, tempat sholat)
þ   Menceritakan hasil karya yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang digunakan)
þ   Membilang bilangan secara urut dari terkecil hingga terbesar
þ   Memegang alat tulis dengan benar dan menuliskan dengan benar bentuk lambing bilangan
35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang

I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar