Skip to main content

RPP Kelas 1 Semester Tema Keluargaku Pertemuan 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Keluargaku
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menerima keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan (KI-1,KD-1)
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.(KI-2,KD-1)
þ  Memiliki sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.(KI-2,KD-2)
þ  Memiliki sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) di rumah dan sekolah.(KI-2,KD-3)
þ  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah (KI-2,KD-4)
þ  Mengenali keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3,KD-1)
þ  Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah (KI-3,KD-2)
þ  Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-1,KD-3)
þ  Menyajikan kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan (KI-4,KD-1

Penjas Orkes
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (seperti konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional (KI-4)
þ  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI-2)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (seperti konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional (KI-4)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Menunjukkan sikap menerima keberagaman karakteristik individu (agama,suku,fisik,dan psikis ) sebagai anugrah Tuhan
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga  sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan  teman sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan  guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
þ  Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di sekolah
þ  Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah
þ  Membedakan tata tertib yang berlaku di sekolah dengan tata tertib yang berlaku  di rumah
þ  Menunjukkan salah satu sikap toleransi terhadap  tetangga rumah yang berbeda agama atau suku
þ  Menunjukkan salah satu sikap toleransi terhadap  teman sekolah yang berbeda agama atau suku
þ  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah
þ  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di  sekolah
þ  Menjelaskan keberagaman karakteristik individu melalui pengamatan di rumah
þ  Menjelaskan keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di sekolah
þ  Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah
þ  Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah
þ  Mendefinisikan “Bersatu” dalam keberagaman di sekolah
þ  Menunjukkan hidup bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah
þ  Mendemonstrasikan kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah  melalui permainan
þ  Mendemonstrasikan kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di  sekolah melalui permainan

Penjas Orkes
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama mempraktikkan aktivitas gerak dasar non-lokomotor
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama mempraktikkan aktivitas gerak dasar non-lokomotor
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama mempraktikkan aktivitas gerak dasar manipulatif
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama mempraktikkan aktivitas gerak dasar non-lokomotor

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
þ  Menunjukkan ciri khas individu dan menggambar diri sendiri dengan ciri khas yang dimiliki
þ  Menunjukkan pekerjaan atau kegiatanayah dan ibu sehari-hari
þ  Foto keluarga ketika berwisata

Penjas Orkes
þ  Mengamati alam sekitar
þ  Membuat karya kreatif dari bahan alam
þ  Lomba berjalan cepat

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Keluargaku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Memperkenalkan identitas diri dengan sopan di depan kelas
þ   Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal serumah dengan  peserta didik
þ   Menyebutkan identitas  dua saudara (bisa sekandung, atau tidak sekandung) yaitu nama, perkiraan umur dan hubungan dengan peserta didik
þ   Menceritakan kegiatan yang sering dilakukan bersama-sama dengan saudaranya tersebut
þ   Mengenali ciri khas individu dan menggambar diri sendiri dengan ciri khas yang dimiliki
þ   Menyebutkan pekerjaan atau kegiatan  ayah dan ibu sehari-hari
þ   Menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan keluarga: ayah/ bapak, bunda/ ibu, anak, dengan cara menebalkan
þ   Mengenal dan menceritakan beberapa sikap positif ketika berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah
þ   Dalam di kelas, membiasakan berbicara dalam berpendapat secara bergantian
þ   Menunjukkan foto keluarga ketika berwisata kemudian menceritakan sesuai kemampuan siswa
þ   Menyusun gambar dalam sekuensi yang menunjukkan  sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/ kasih sayang dan percaya  diri yang ditunjukkan di dalam keluarga
þ   Mengelompokkan gambar yang mengandung sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri  terhadap teman
þ   Membiasakan menyapa, mengucapkan terima kasih dan maaf secara benar sesuai konteks
þ   Mempraktikkan permainan lomba berjalan cepat bersama guru dan teman dan menunjukkan sikap bekerja sama
þ    Mengamati gambar rangka dan otot-otot tubuh, dan menunjukkan bagian otot mana yang terasa sakit setelah berjalan cepat
þ   Membiasakan berbicara dengan teman dengan menatap wajah temannya dan bersikap dengan raut muka yang ramah serta bahasa tubuh yang sesuai
þ   Mengajak siswa mengamati alam sekitar dan mengamati berbagai bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya cetak
þ   Mengumpulkan bahan alam seperti ubi, kentang, pelepah pisang, yang dapat digunakan untuk membuat karya cetak
þ   Melihat berbagai karya kreatif dari bahan alam hasil mencetak (secara langsung atau melalui gambar)
þ   Menceritakan hasil cetakan dari bahan alam  yang diperoleh dari alam meliputi: letaknya, warna, dan bentuknya
þ   Dari benda-benda yang diperoleh dari alam (misalnya batu, kerikil, daun, bunga dsbnya), kemudian peserta didik mengemukakan cara/bagaimana mengatur benda-benda agar tertata rapi
þ   Menata dengan rapi secara berkelompok melalui berbagi tugas menyusun benda-benda berdasarkan ukuran, berat, jumlah, warna atau minat siswa
þ   Menceritakan hasil penataan benda-benda di sekitar ruang kelas

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Buku Pengembangan Diri Anak

I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…