Saturday, October 4, 2014

RPP Kelas 1 Tema Kegemaranku Pertemuan 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  KEGEMARANKU
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2,KD-1)
þ  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah (KI-2,KD-4)
þ  Mengenal Pancasila dan simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar, dan/atau permainan (KI-3,KD-4)
þ  Menyajikan Pancasila  dan simbol-simbol sila Pancasila melalui lagu, cerita, gambar, atau permainan (KI-4,KD-2)

Bahasa Indonesia
þ  Mendengarkan cerita dan puisi tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk hidup dan lingkungannya) (KI-1,KD-4)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI-2,KD-2)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Bersikap  baik (jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga
þ  Bersikap  baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan teman
þ  Bersikap  baik (jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
þ  Menjelaskan perilaku yang harus dilakukan ketika terlambat tiba di sekolah
þ  Menyebutkan kedisiplinan yang dilakukan dirumah dan sekolah
þ  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang santun
þ  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam kegiatan-kegiatan termasuk ketika membantu ibu di rumah 
þ  Menjelaskan manfaat berteman dengan semua orang
þ  Menyajikan gambar  bentuk fisik laki-laki dan perempuan
þ  Menjelaskan  gambar pakaian dari beberapa daerah (misalnya: dari Bandung, Padang, Kalimantan)
þ  Menunjukkan beberapa permainan tanpa membedakan jenis kelamin
þ  Menjelaskan gambar bagian – bagian tubuh pada lambang Garuda Pancasila.
þ  Menjelaskan bahwa di dalam lambang Garuda Pancasila terdapat bulu sayap, bulu ekor dan bulu leher
þ  Membacakan tulisan yang terdapat pada pita burung garuda
þ  Menyajikan lagu Garuda Pancasila
þ  Menjelaskan gambar bagian – bagian tubuh pada lambang Garuda Pancasila.

Bahasa Indonesia
þ  Mengenali perilaku terpuji dari cerita yang dibacakan
þ  Mengenali perilaku terpuji dari puisi yang dibacakan
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERIPEMBELAJARAN
PPKn
þ  Pancasila dan simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” melalui lagu, gambar, dan/atau permainan
þ  Lagu Garuda Pancasila
þ  Gambar pakaian dari beberapa daerah (misalnya: dari Bandung, Padang, Kalimantan)

Bahasa Indonesia



F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kegemaranku”
10 menit
Inti
PPKn
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
þ   Peserta didik secara bersama-sama menyebut yel-yel semangat dengan lafal yang jelas kata-kata seperti rajin membaca dijawab secara bersama-sama bermanfaat sekali….! Rajin berolahraga jawab peserta didik secara bersama-sama sangat menyehatkan….! Dan seterusnya
þ   Peserta didik menceritakan tentang kegemarannya masing-masing kepada teman sebangkunya, kemudian menceritakannya kepada teman-teman di kelasnya
þ   Berdasarkan cerita peserta didik, kemudian peserta didik mendengarkan pengembangan dari guru mengenai alasan peserta didik menyukai hal tersebut, seberapa sering ia melakukannya, apa manfaat dari kegemarannya itu.
þ   Mendengarkan cerita yang berhubungan  dengan kegemaran, kemudian peserta didik mengenali perilaku  terpuji dari cerita tersebut
þ   Dari pengamatan gambar di atas peserta didik mewarnai gambar yang berhubungan dengan kegemaran tokoh dalam cerita tersebut, kemudian gambar tersebut ditempel di mading kelas (sebaiknya bukan hanya gambar yang bagus-bagus saja)
þ   Di dalam kelompok peserta didik menyebutkan tentang  perilaku disiplin di rumah dan sekolah, serta saling bercerita tentang kegemaran yang dilakukan sehari-hari  dengan bahasa yang santun
þ   Melalui pengamatan gambar peserta didik menceritakan perilaku-perilaku yang harus dilakukan di sekolah untuk menunjukkan sikap disiplin
þ   Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran yang dijual di kantin atau sekitar sekolah.
þ   Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran yang dibawa dari rumah untuk bekal di sekolah
þ   Menunjukkan sikap disiplin pada waktu belajar, istirahat, dan bermain di sekolah dan di rumah, dengan mengucapkan sapaan, terima kasih, dan mengucapkan maaf.
þ   Mengamati lingkungan sekolah (kantin sekolah) untuk mengetahui jajanan yang sehat dan memilih jajanan yang sehat.
þ   Menceritakan perilaku jujur yang sebaiknya ditunjukkan ketika terlambat tiba di sekolah, ketika tidak membuat PR, atau ketinggalan buku di rumah,

Bahasa Indonesia
þ   Peserta didik mendengarkan puisi yang berhubungan dengan kegemaran, kemudian peserta didik mengenali perilaku terpuji dari puisi tersebut
þ   Mengenali salah satu  perilaku bertanggungjawab yaitu memelihara tanaman, kemudian mengenali dampak dari perilaku tersebut bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
þ   Menunjukkan tanggung jawab dengan melakukan kegiatan  merawat dan memelihara tanaman yang ada di dekat kelasnya dan di lingkungan sekolahnya

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Diri Anak
þ  Teks cerita dan puisi yang berhubungan dengan kegemaran
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar perilaku baik
þ  Gambar untuk mewarnai
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Gambar tentang perilaku disiplin


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...