Saturday, October 4, 2014

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Pertemuan 1 (Contoh)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menerima keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan (KI-1)
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2)
þ  Mengenali keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3)
þ  Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah (KI-3)
þ  Menyajikan kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan (KI-4)
 
Bahasa Indonesia
þ  Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1)
þ  Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya  (KI-2)
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Menunjukkan sikap menerima keberaganman karakteristik individu
þ  Menceritakan tentang perbedaan kemampuan yang dimiliki teman
þ  Bersikap  baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga,
þ  bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan teman
þ  bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
þ  Membedakan karakteristik fisik,
þ  Membedakan karakteristik agama,
þ  Membedakan karakteristik  suku,
þ  Membedakan karakteristik psikis (senang, pemalu, sedih)
þ  Menyebutkan kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
þ  Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
þ  Menyebutkan sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
þ  Menyebutkan sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah

Bahasa Indonesia
þ  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Berbicara mengikuti giliran
þ  Memandang wajah kawan bicara pada waktu berbicara
þ  Memperlihatkan raut muka yang ramah
þ  Menanggapi dengan bahasa tubuh yang sesuai
þ  Memperkenalkan diri dengan sopan kepada guru dan teman sekelas
þ  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan nama-nama bagian anggota tubuh
þ  Menyebutkan kegunaan anggota tubuh


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
þ  Keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan
þ  Perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
þ  Keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah
þ  Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
þ  Kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan

Bahasa Indonesia
þ  Penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
þ  Perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
þ  Ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya 
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
10 menit
Inti
Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
þ   Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ   Menyanyikan lagu “Aku anak Indonesia” ciptaan AT Mahmud sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara berkelompok dan individual
þ   Menggambar wajah dengan bimbingan guru
þ   Menunjuk  anggota tubuh seperti yang digambarkan guru di depan kelas
þ   Memperkenalkan identitas diri dengan bahasa yang santun di depan teman-temannya: Nama, alamat, hobi dan  cita-cita
þ   Menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan
þ   Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal serumah dengan siswa
þ   Menyebutkan pekerjaan atau kegiatan  ayah dan ibu sehari-hari
þ   Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan ketertiban (seperti  lagu “Bangun Tidur”
þ   Menyanyikan lagu dengan penuh percaya diri di depan kelas secara bergiliran (Individu/ kelompok kecil)
þ   Di dalam kelompok  menyebutkan alasan pentingnya mandi, potong kuku dan gosok gigi
þ   Di dalam kelompok  menyebutkan tentang kegiatan yang di lakukan di rumah secara bergiliran sambil memandang wajah kawan bicara, memperlihatkan raut muka yang ramah dan bahasa tubuh yang sesuai
þ   Menunjukkan kebiasaan  mematuhi tata tertib yang dilakukan dalam kehidupan di  kelas. 
þ   Menggunakan bahasa yang santun pada  orang tua, guru, kepala sekolah, dan temannya
þ   Di dalam kelompok  menata benda yang ada di sekitar kelas berdasarkan ukuran besar kecil/panjang pendek 
þ   Mempraktekan gerak dasar berjalan sambil mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkan nama benda-benda yang dilihatnya
þ   Mempraktikkan permainan berjalan ke barbagai arah mengikuti aba-aba dengan percaya diri
þ   Mempraktikkan  permainan lompat-lompat dengan satu kaki ke berbagai arah
35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar pakaian
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang/ benang


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...