Tuesday, October 7, 2014

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 Tema Kegiatanku Pertemuan 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Kegiatanku
Petemuan ke                 :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSIDASAR
Penjas Orkes
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk meningkatkan keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana
þ  Mempraktikkan  berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
þ  Mempraktik-kan pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penjas Orkes
þ  Menyebutkan konsep gerak jalan, lari dan lompat
þ  Memperagakan gerak dasar berjalan
þ  Memperagakan gerak dasar berlari
þ  Memperagakan gerak dasar melompat
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak dasar lokomotor
þ  Menyebutkan konsep gerak meregang,  menggoyang, mengayun,  berputar, menekuk dan meluruskan
þ  Memperagakan gerak dasar mengayun
þ  Memperagakan gerak dasar menekukdanmeluruskantungkai
þ  Memperagakan gerak dasar memutar
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak dasar non-lokomotor
þ  Memperagakan gerak dasar menggulirkan bola
þ  Memperagakan gerak dasar melemparkan benda
þ  Memperagakan gerak dasar menangkap benda
þ  Memperagakan gerak dasar menyepak bola
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak dasar manipulatif
þ  Memperagakan gerak keseimbangan di tempat
þ  Memperagakan gerak keseimbangan berjalan
þ  Memperagakan gerak cepat dengan aba-aba
þ  Aspek Afektif
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak kebugaran
þ  Mempraktikan gerak melompat  dan mendarat dengan dua kaki
þ  Mempraktikkan gerak melompat,  melayang di urada dan mendarat dengan ke dua kaki
þ  Mempraktikan gerak melompat dengan awalan berjalan
þ  Mempratikan gerak melompat-lompat dan berputar 90 derajat
þ   Memperagakan gerak berguling ke depan
þ  Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
þ  Memperagakan gerak melenggok  ke berbagai arah berirama’
þ  Memperagakan gerak memutar/mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama
þ  Mengamati alam sekitar
þ  Mendeskripsikan alam sekitar yang diamatinyaMengungkapkan perasaan syukur pada Tuhan atas anugerah keindahan alam
þ  Memperagakan gerak-gerak bagian kepala, kaki, tangan dan badan berdasarkan hasil pengamatan dengan percaya diri
þ  Melakukan gerak per bagian anggota tubuh sesuai dengan langkah-langkah atau urutan yang telah ditentukan
þ  Mengidentifikasi gerak-gerak bagian kepala, kaki, tangan, dan badan dengan berbagai level
þ  Menyebutkan berbagai ragam gerak kepala, kaki, tangan dan badan
þ  Membedakan gerak-gerak  bagian kepala, kaki, tangan, dan badan
þ  Mengkoordinasikan gerak anggota badan
þ  Menyusun gerak anggota badan berdasarkan gerak alam sekitar
þ  Membedakan bunyi yang dapat digunakan sebagai rangsang gerak
þ  Menyusun gerak sesuai dengan bunyi yang diperdengarkan
þ  Menyajikan gerak tari yang selaras dengan bunyi

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Penjas Orkes
þ  konsep gerak jalan, lari dan lompat
þ  konsep gerak meregang,  menggoyang, mengayun,  berputar, menekuk dan meluruskan
þ  konsep gerak meregang,  menggoyang, mengayun,  berputar, menekuk dan meluruskan
þ  Mempraktikkan aktivitas gerak dasar manipulatif
þ  Mempraktikkan aktivitas gerak kebugaran

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Kegiatanku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Membaca bacaan pendek dengan nyaring mengikuti kata-kata  yang dilafalkan guru tentang   “ Kerja Bakti”
þ   Menyebutkan nama-nama tokoh, nama-nama tempat dalam cerita, urutan peristiwa pada cerita yang dibacanya
þ   Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan sifat-sifat tokoh dari cerita yang didengarnya
þ   Bertanya jawab manfaat hidup rukun setelah bermain peran “ Gajah dan Semut” dengan raut muka yang ramah
þ   Mengelompokkan gambar yang memperlihatkan hidup rukun dan hidup tidak rukun
þ   Menceritakan kembali cerita guru tentang akibat tidak menjaga kerukunan
þ   Menggali pengalaman anak tentang kebiasaan bermain, nonton TV,  jam istirahat/tidur siang dan malam, makanan dan minumannya sehari-hari.
þ   Mendiskusikan mengenai kebiasaan-kebiasaan yang baik dan buruk, yang sehat dan kurang sehat dan cara menanggulangi kebiasaan yang buruk dan kurang sehat.
þ   Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/ aktivitas sehari-hari di rumah yang berlangsung lama
þ   Mengukur dan menentukan dengan stopwatch/jam lamanya kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari
þ   Menggambar / membentuk berbagai segi banyak dengan menggunakan papan berpaku
þ   Mengidentifikasi  urutan gerak  atau tingkatan gerak hubungannya dengan tari
þ   Memberikan contoh  urutan gerak dalam tari
þ   Meperdengarkan bunyi-bunyian yang dapat digunakan dalam merangsang gerak
þ   Menirukan gerak alam dengan menggunakan urutan gerak sesuai dengan contoh dan sesuai dengan bunyi yang diperdengarkan
þ   Menggulirkan bola/benda secara dari posisi berdiri/duduk secara berpasangan menggunakan tangan kanan dan kiri dengan menunjukkan nilai kerjasama
þ   Menendang bola yang digulirkan secara berpasangan menunjukkan nilai kerjasama
þ   Penilaian

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas i
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Vcd/ audio visual
þ  Media gambar
þ  Berbagai kegiatan di rumah, sekolah dan masyarakat, kitab suci, makanan sehat, kebutuhan manusia lainnya, cara merawat tubuh, berbagai gambar benda , gambar alam
þ  Kitab suci
þ  Alat-alat kebersihan tubuh
þ  Berbagai model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang, benang
þ  Karya seni
þ  Media kreatif
þ  Karya seni rupa
þ  Karya seni tari
þ  Alat musik
þ  Kaset tape recorder
þ  Lingkungan sekitar
þ  Bola
þ  Contoh tata tertib  sekolah
þ  Gambar seri
þ  Benda-benda di kelas


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
·         PenilaianKinerja
·         PenilaianProduk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...