Monday, October 6, 2014

RPP KURIKULUM 2013 KELAS 1 TEMA KEGEMARANKU SEMESTER 1 PERTEMUAN 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  KEGEMARANKU
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
þ  Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan (KI-3,KD-2)
þ  Memahami cara melafalkan kata dan kalimat dengan benar (KI-3,KD-3)
þ  Mengamati contoh penulisan kata sebagai keterangan gambar, bercerita dan menyalin kata (KI-4,KD-6)
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) (KI-4,KD-8)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4,KD-9)



Matematika
þ  Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dengan melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan ketepatan waktu mengikuti tanda-tanda saat jam belajar dan jam isitirahat (KI-2, KD-3)
þ  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain (KI-3, KD-1)
þ  Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban (KI-4, KD-1)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
þ  Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita
þ  Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
þ  Menyebutkan urutan peristiwa
þ  Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan sifat-sifat tokoh
þ  Melafalkan bunyi vokal dalam kata secara tepat
þ  Melafalkan bunyi konsonan dalam kata secara tepat
þ  Mencocokkan ketepatan kata dengan gambar
þ  Menyalin kata dengan huruf tegak lepas
þ  Menceritakan secara lisan tentang gambar yang diperlihatkan
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang

Matematika
þ  Melaksanakan berbagai tugas di sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Bersikap disiplin dalam menggunakan waktu belajar, istirahat dan bermain di sekolah dan di rumah
þ  Menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas positif untuk belajar atau bermain
þ  Melaksanakan berbagai tugas di luar sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Menyebutkan banyak benda
þ  Membilang dan menulis lambang bilangan secara urut
þ  Menentukan urutan benda dari sekumpulan benda dalam barisan
þ  Menyebutkan banyak benda dengan ciri tertentu dari sekumpulan benda
þ  Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu, sampai 20
þ  Menentukan pasangan pengurangan bilangan dengan hasil tertentu, sampai 20
þ  Memilih dua atau beberapa kartu bilangan dari sekumpulan kartu bilangan sehingga hasil penjumlahan/pengurangannya terbesar atau terkecil


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
þ  Penulisan kata sebagai keterangan gambar, bercerita dan menyalin kata
þ  Membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
þ  Menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)

Matematika
þ  Bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kegemaranku”
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
þ   Peserta didik secara bersama-sama menyebut yel-yel semangat dengan lafal yang jelas kata-kata seperti rajin belajar  dijawab secara bersama-sama pasti pintar….! Rajin bernyanyi jawab peserta didik secara bersama-sama sangat menyenangkan ….! Dan seterusnya
þ   Peserta didik mendengarkan  cerita tentang  tokoh dengan satu kegemarannya, kemudian peserta didik menceritakan dengan bahasanya sendiri mengenai tokoh, dan hal-hal yang berkaitan dengan kegemaran tokoh tersebut berdasarkan  cerita
þ   Di dalam kelompok peserta didik memilih gerakan yang paling disukainya dari gerakan-gerakan  dasar jalan,  berlari, dan melompat. 
þ   Peserta didik diminta untuk memikirkan gerakan binatang yang memiliki kemiripan dengan gerakan jalan, berlari dan melompat, kemudian mempraktikkannya.
þ   Di dalam kelompok peserta didik saling bercerita tentang  manfaat  peduli terhadap sesama,  dan bertanya jawab tentang manfaat berteman dengan semua orang.
þ   Peserta didik secara bergiliran mengamati benda-benda yang ada di sekitar dan menentukan bahan alam untuk lipat gunting, dan tempel yang disukainya (bahan alam misalnya berbagai jenis dedaunan, kelopak bunga, pelepah pisang, ranting-ranting dan sebagainya)
þ   Peserta didik memilih karya apa yang akan di buat berdasarkan pilihan-pilihan yang diberikan guru.
þ   Peserta didik membuat karya dari bahan alam dengan teknik gunting dan tempel
þ   Peserta didik menceritakan secara bergantian mengenai perilaku membantu ibu di rumah.
þ   Peserta didik menceritakan tentang kegiatan kegemarannya dalam perilaku membantu ibu di rumah
þ   Di dalam kelompok peserta didik menceritakan tentang perilaku percaya diri ketika membantu ibu di rumah dan mempraktekkannya.
þ   Melalui bermain peran peserta didik mempraktekkan aktivitas positif untuk belajar  secara disiplin, misalnya dengan mengumpulkan tugas tepat waktu

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Diri Anak
þ  Teks cerita dan puisi yang berhubungan dengan kegemaran
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar perilaku baik
þ  Gambar untuk mewarnai
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Gambar tentang perilaku disiplin


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...