Monday, October 6, 2014

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegiatanku Semester 1 Pertemuan 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Kegiatanku
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4,KD-1)
þ  Menceritakan hasil pengamatan di rumah, jalan, sekolah dengan kalimat sederhana (KI-4, KD-2)
þ  Berbicara spontan tentang diri (KI-4, KD-3)
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang       (KI-4, KD-8)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh (kepala,   badan, dan kaki)
þ  Menyebutkan bagian tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi) dan kegunaannya
þ  Membiasakan merawat tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
þ  Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ  Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Menceritakan posisi batas rumah (tetangga/ jalan,/kantor, dll)
þ  Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
þ  Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menghubungkan titik-titik yang membentuk garis lurus lengkung, dan bulat
þ  Membuat garis lurus, lengkung, dan bulat
þ  Menjiplak huruf
þ  Menulis garis lurus lengkung, dan bulat untuk membentuk huruf
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
þ  Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menghubungkan titik-titik yang membentuk garis lurus lengkung, dan bulat
þ  Membuat garis lurus, lengkung, dan bulat
þ  Menjiplak huruf
þ  Menulis garis lurus lengkung, dan bulat untuk membentuk huruf
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Kegiatanku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Bekerja dalam kelompok menjawab pertanyaan guru  tentang mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.(Misalnya  kapan waktu yang tepat, berapa kali sehari harus dilakukan, manfaat apa jika dilakukan secara teratur, akibat jika tidak dilakukan dengan teratur dan benar)
þ   Mengurutkan gambar seri dan menceritakan isi gambar dengan kalimat yang benar
þ   Menceritakan hasil diskusi kelompok tentang contoh  aturan di rumah secara bergiliran
þ   Menyebutkan contoh tata tertib di sekolah melalui diskusi kelompok
þ   Mengenal manfaat mematuhi tata tertib setelah menonton cuplikan film.
þ   Siswa menirukan  akibat  tidak mematuhi tata tertib setelah mendengar cerita yang dibacakan  guru
þ   Memperhatikan penjelasan guru dan memperagakan cara menyapa, mengucapkan terima kasih dan maaf secara tepat
þ   Mendengarkan penjelasan dari guru mengenai gerak bagian anggota tubuh yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari dan melakukannya sesuai dengan contoh.
þ   Mengamati akibat  merawat tubuh yang dilakukan dengan tidak teratur 
þ   Menceritakan letak rumah dan batasnya dengan tetangga dan jalan.
þ   Melakukan pengurangan sampai 20 dengan bantuan benda kongkrit dan mengingatnya dengan berbagai cara
þ   Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan dari bilangan dua angka dengan menggunakan benda kongkrit
þ   Melakukan penjumlahan dua bilangan sampai 100 dengan prosedur yang benar sesuai nilai tempatnya
þ   Membuat berbagai bentuk segitiga dan atau segi empat menggunakan karet gelang, papan berpaku dan atau alat lainnya dan menceritakan hasilnya
þ   Menjelaskan gerak bagian anggota tubuh yang dilakukan dalam tari
þ   Memberikan contoh gerak bagian anggota tubuh yang terdapat dalam tari
þ   Menirukan anggota  gerak bagian anggota tubuh yang terkait dengan kegiatan sehari-hari dan yang terkait dengan tari, disertai musik pengiring
þ   Berjalan di atas garis lurus jarak 10 meter dengan mata tertutup sambil membentangkan ke dua tangan ke samping
þ   Mempraktikkan gerakan mengayun-ayunkan kedua lengan sambil menekuk lutut dan melompat ke depan – mendarat dengan kedua kaki mengeper, disertai oleh musik pengiring

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas i
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Vcd/ audio visual
þ  Media gambar
þ  Berbagai kegiatan di rumah, sekolah dan masyarakat, kitab suci, makanan sehat, kebutuhan manusia lainnya, cara merawat tubuh, berbagai gambar benda , gambar alam
þ  Kitab suci
þ  Alat-alat kebersihan tubuh
þ  Berbagai model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan berpaku atau sejenis
þ  Karet gelang, benang
þ  Karya seni
þ  Media kreatif
þ  Karya seni rupa
þ  Karya seni tari
þ  Alat musik
þ  Kaset tape recorder
þ  Lingkungan sekitar
þ  Bola
þ  Contoh tata tertib  sekolah
þ  Gambar seri
þ  Benda-benda di kelas


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...