RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Keluargaku Pertemuan 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  Keluargaku
Petemuan ke                 :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
SBD
þ  Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1, KD-1)
þ  Mengenal  disiplin dan aturan dalam berkarya (KI-2,KD-3)
þ  Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI-2,KD-4)
þ  Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsi dalam membuat karya (KI-3,KD-4)
þ  Membuat karya seni teknik cetak dengan media alam (KI-4, KD-2)
þ  Membuat karya kreatif dengan mengolah

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBD
þ  Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
þ  Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
þ  Memperlihatkan sikap disiplin dalam berkarya
þ  Mengikuti aturan dalam berkarya
þ  Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam membuat karya
þ  Menampilkan sikap peduli terhadap alam dengan memanfaatkan bahan alam sebagai media dalam berkarya
þ  Menunjukkan  berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya cetak
þ  Menyebutkan berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya cetak
þ  Membedakan berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya cetak
þ  Menunjukkan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Menyebutkan berbagai bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Membedakan berbagai bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Menunjukkan  berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya cetak
þ  Menyebutkan berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya cetak
þ  Membedakan berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya cetak
þ  Menunjukan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Menyebutkan berbagai bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ   Membedakan berbagai bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
þ  Berbagai bahan, alat serta fungsi dalam membuat karya kreatif

F.      Metode Pembelajaran
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
 
G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Keluargaku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
þ   Memasangkan gambar mana yang menunjukkan  tata tertib di sekolah dan mana yang termasuk tata tertib di rumah.
þ   Menuliskan sikap yang harus dilakukan jika melihat gambar yang menunjukkan tentang toleransi agama atau suku di lingkungan rumah.
þ   Mengunting, melipat dan menempel bahan alam sesuai bentuk pola dan alur sederhana
þ   Membuat karya melalui gunting, lipat dan tempel sesuai bentuk pola dan alur sederhana dengan tema keluarga.
þ   Menuliskan sikap yang harus dilakukan jika melihat gambar yang menunjukkan tentang toleransi agama atau suku di lingkungan sekolah.
þ   Menceritakan sikap kebersamaan saat istirahat terhadap teman kelas yang berbeda jenis kelamin,agama, dan suku bangsa yang diketahuinya
þ   Membuat pohon keluarga sederhana, mulai dari kakek dan nenek dari pihak ayah dan ibu
þ   Menceritakan dengan penuh percaya diri mengenai pohon keluarga yang dibuatnya
þ   Mengenali teman sekelas dan mendata teman kelas menurut jenis kelamin, dan salah satu dari pilihan ini:  agama, kegemaran dan suku bangsa
þ   Menceritakan tentang tata tertib yang berlaku dalam keluarga  di rumah masing-masing, kemudian membuat karya yang menggambarkannya  dan memajangnya di papan kelas
þ   Menuliskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah kemudian mengkomunikasikan di depan kelas dan hasilnya di pajang di mading.
þ   Mengemukakan pendapat tentang arti bersatu dan keakraban  setelah mendengarkan cerita “ Semut dan Gajah “
þ   Menceritakan arti bersatu dan keakraban yang sering dilakukan antara adik dengan kakak atau anggota keluarga di rumah kemudian menuliskannya di buku tulis
þ   Bermain peran tentang  sebuah keluarga yang sedang bermusyawarah tentang “Berlibur “
þ   Mendiskusikan/ membicarakan mengenai pengalaman bermain peran yang mengandung kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individual seperti musyawarah dalam pemilihan ketua kelas
þ   Bermain mengayun lengan kanan, kiri depan dan belakang menggunakan syal lengan teman di depannya dengan percaya diri
þ   Membiasakan menulis dengan sikap yang benar
þ   Membiasakan menulis dengan jarak mata, letak buku, pegangan alat tulis, cahaya yang cukup dan sikap duduk secara benar
þ   Menulis diawali dengan menghubungkan titik-titik menjadi garis lurus, lengkung dan bulat.
þ   Menyalin huruf dengan menjiplak
þ   Menulis huruf yang membentuk kata
þ    Menjawab soal cerita sederhana yang berkaitan dengan penjumlahan
þ   Menjawab soal cerita sederhana yang berkaitan dengan pengurangan

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)
þ  Buku Pengembangan Diri Anak


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian





Mengetahui



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar