Thursday, October 9, 2014

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Pengalamanku Pertemuan 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Pengalamanku
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Memiliki sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) di rumah dan sekolah.(KI-2,KD-3)
þ  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah (KI-2, KD-4)
þ  Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3, KD-3)
þ  Menyajikan kebersamaan dalam keberagaman  karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan (KI-4,KD-1)

Bahasa Indonesia
þ  Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa (KI-1,KD-1)
þ  Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2, KD-1)
þ  Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI-2, KD-2)
þ  Mengenali melalui pengamatan terhadap objek, bentuk benda, wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar rumah, jalan, dan sekolah (KI-3,KD-1)
þ  Memahami cara melafalkan kata dan kalimat dengan benar (KI-3, KD-3)
þ  Menceritakan hasil pengamatan di rumah, jalan, sekolah dengan kalimat sederhana (KI-4, KD-2)
þ  Mengamati tentang diri, makhluk hidup dan benda di sekitar dan menceritakan kepada orang lain (KI-4, KD-5)
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) (KI-4, KD-8)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Menunjukkan sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu (agama,suku,fisik,dan psikis) di rumah.
þ  Menunjukkan sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu (agama,suku,fisik,dan psikis) di sekolah
þ  Menjelaskan perilaku  kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
þ  Menjelaskan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di sekolah
þ  Mengartikan bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah.
þ  Mengartikan bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di sekolah.
þ  Menunjukkan sikap kebersamaan dan kekompakan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
þ  Menunjukkan sikap kebersamaan dan kekompakan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Bahasa Indonesia
þ  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
þ  Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
þ  Berbicara mengikuti giliran
þ  Memandang wajah kawan bicara pada waktu berbicara
þ  Memperlihatkan raut muka yang ramah
þ  Menanggapi dengan bahasa  tubuh yang sesuai
þ  Memperkenalkan diri dengan sopan  kepada guru dan teman sekelas
þ  Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan  orang tua
þ  Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ  Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ  Mengucapkan maaf secara tepat
þ  Menyebutkan contoh benda berbentuk bulat, segitiga, tabung, kubus, kotak, dan balok.
þ  Menyebutkan contoh benda padat dan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
þ  Membedakan benda padat dan benda cair berdasarkan ciri-cirinya
þ  Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya.
þ  Melafalkan bunyi vokal dalam kata secara tepat
þ  Melafalkan bunyi konsonan dalam kata secara tepat
þ  Membaca kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat
þ  Menceritakan posisi batas rumah (tetangga/ jalan,/kantor, dll)
þ  Menceritakan dengan kalimat sederhana hasil pengamatan  tentang letak sekolah
þ  Menceritakan tentang perasaan yang dimiliki ketika mengalami  pengalaman berhasil, gagal, senang, sedih dan pengalaman-pengalaman yang lain
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menulis garis lurus lengkung, dan bulat untuk membentuk huruf
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
þ  arti bersatu dalam keberagaman

Bahasa Indonesia
þ  Lafal bunyi vokal dalam kata
þ  Lafal bunyi konsonan dalam kata


F.      Metode Pembelajaran
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Pengalamanku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Menceritakan dengan sopan pengalaman siswa tentang sikap toleran terhadap teman di sekolah yang berbeda agama atau  suku dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
þ   Menceritakan dengan sopan pengalaman siswa tentang sikap toleran terhadap tetangga yang sedang menjalankan ibadah dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
þ    Menceritakan dengan sopan pengalaman siswa tentang sikap toleran terhadap teman di sekolah yang berbeda sifat atau kemampuan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
þ   Berkomunikasi dengan  tata cara yang benar, yaitu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, memperhatikan lawan bicara, serta memperlihatkan raut muka yang ramah
þ   Menceritakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang dan kepada teman-teman di kelas
þ   Membawa permainan dari rumah dan memainkannya bersama teman-teman di kelas
þ   Mengikuti guru dalam membaca kata-kata sederhana yang berkaitan dengan pengalaman ketika bermain bersama teman-teman.
þ   Mempraktikkan permainan berlari ke berbagai arah dengan percaya diri sesuai dengan aba-aba yang  diberikan oleh guru
þ   Bergantian mempraktikkan lomba lompat zig-zag ke berbagai arah dengan waktu yang diukur stopwatch dan dicatat
þ   Bermain memutar badan secara berpasangan sambil berpegangan tangan dengan menunjukkan kerjasama yang baik
þ    Menceritakan pengalaman berkunjung ke tempat wisata dan menggambar hal yang ditemukan dalam pengalaman itu, seperti pemandangan alam, atau benda-benda peninggalan atau  benda-benda khas setempat yang ditemukan di sana.
þ   Menceritakan alat transportasi yang digunakan ketika mengunjungi tempat wisata alam dan menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi tersebut
þ   Melakukan diskusi hasil kunjungan atau pengamatan pada lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya
þ    Menceritakan pengalaman ketika  melihat perilaku tidak disiplin di rumah, di sekolah, ataupun di tempat-tempat lain seperti di jalan, di pasar atau di tempat wisata
þ   Menyebutkan tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki perilaku tidak disiplin tersebut.
þ   Dengan bimbingan guru, menulis kata-kata yang diperoleh dari cerita pengalaman yang diceritakan sebelumnya
þ   Bersama teman-teman di kelas, membaca kembali  kata-kata yang telah ditulisnya

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Bakiak
þ  Tali tambang
þ  Model bangun datar
þ  Stopwatch
þ  Lilin mainan


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...