Skip to main content

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas1 Tema Pengalamanku Pertemuan 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Pengalamanku
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
þ  Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam isitirahat
þ  Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
þ  Membandingkan dengan memperkirakan  panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
þ  Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu

Penjas Orkes
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk meningkatkan keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana
þ  Mempraktikkan  berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music


Matematika
þ  Melaksanakan berbagai tugas di sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Bersikap disiplin dalam menggunakan waktu belajar, istirahat dan bermain di sekolah dan di rumah
þ  Menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas positif untuk belajar atau bermain
þ  Melaksanakan berbagai tugas di luar sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Memberi contoh suatu kejadian/aktivitas sehari-hari yang lebih lama atau lebih pendek dari kejadian lainnya
þ  Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari yang berlangsung sebentar atau tidak lama
þ  Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari yang berlangsung lama
þ  Mengukur dan menentukan dengan stopwatch/jam lamanya kejadian/kegiatan/aktifitas sehari-hari
þ   Memberi contoh benda yang lebih panjang atau lebih pendek dari benda lainnya
þ   Mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku (jengkal, langkah, dsb)
þ  Mengubin dan mewarnai bidang datar dengan bangun datar sederhana
þ  Menghitung jumlah ubin yang diperlukan untuk mengubin suatu bidang tertentu
þ  Menggambar/melukis pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu

Penjas Orkes
Aspek Kognitif
þ  Menyebutkan konsep gerak jalan, lari dan lompat


Aspek Psikomotorik
þ  Memperagakan gerak dasar berjalan
þ  Memperagakan gerak dasar berlari
þ  Memperagakan gerak dasar melompat

Aspek Afektif
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak dasar lokomotor

Aspek Kognitif
þ  Menyebutkan konsep gerak meregang,  menggoyang, mengayun,  berputar, menekuk dan meluruskan

Aspek Psikomotorik
þ  Memperagakan gerak dasar mengayun
þ  Memperagakan gerak dasar menekukdanmeluruskantungkai
þ  Memperagakan gerak dasar memutar

Aspek Afektif
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak dasar non-lokomotor

Aspek Psikomotorik
þ  Memperagakan gerak dasar menggulirkan bola
þ  Memperagakan gerak dasar melemparkan benda
þ  Memperagakan gerak dasar menangkap benda
þ  Memperagakan gerak dasar menyepak bola

Aspek Afektif
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak dasar manipulatif

Aspek Psikomotorik
þ  Memperagakan gerak keseimbangan di tempat
þ  Memperagakan gerak keseimbangan berjalan
þ  Memperagakan gerak cepat dengan aba-aba



Aspek Afektif
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama Mempraktikkan aktivitas gerak kebugaran
þ  Mempraktikan gerak melompat  dan mendarat dengan dua kaki
þ  Mempraktikkan gerak melompat,  melayang di urada dan mendarat dengan ke dua kaki
þ  Mempraktikkan gerak melompat dengan awalan berjalan
þ  Mempratikan gerak melompat-lompat dan berputar 90 derajat
þ  Memperagakan gerak berguling ke depan
þ  Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
þ  Memperagakan gerak melenggok  ke berbagai arah berirama’
þ  Memperagakan gerak memutar/mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Matematika
þ  memperkirakan  panjang suatu benda

Penjas Orkes
þ  Pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional
þ  Pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
þ  Pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music


F.      Metode Pembelajaran
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Pengalamanku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mendiskusikan kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama keluarga di rumah secara kelompok (misalnya memasak bersama, membersihkan rumah bersama, membersihkan halaman bersama)
þ   Mendiskusikan kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama peserta didik di kelas  secara berkelompok (misalnya membersihkan kelas bersama atau membersihkan halaman bersama).
þ   Mendemonstrasikan perilaku kebersamaan dalam keberagaman dalam sebuah kelas di sebuah sekolah secara kelompok dan mendiskusikan tentang bagaimana kita harus menghargai keberbedaan dalam kegiatan bersama-sama dengan teman lain yang memiliki kemampuan dan minat yang berbeda-beda
þ   Menuliskan kata-kata sederhana yang berkaitan dengan kegiatan berkelompok di dalam kelas yang telah dilakukan (misalnya membersihkan kelas bersama)
þ   Menyusun kalimat sederhana dari kartu-kartu yang disediakan oleh guru berkaitan dengan kata-kata yang telah dipelajari sebelumnya (misalnya saya, teman, kelas, bersih, sapu, rajin, dan, rapi)
þ   Bersama teman-temannya membaca kalimat sederhana  yang telah disusun
þ   Menuliskan kembali kata-kata dalam kalimat yang telah disusun
þ   Dalam kegiatan berkelompok menunjukkan sikap sopan dengan mengucapkan terimakasih dan maaf dengan intonasi yang tepat.
þ   Membedakan benda padat dan benda cair berdasarkan ciri-cirinya berdasarkan pengamatan dan pengalaman kehidupan sehari-hari
þ   Melakukan percobaan berkaitan dengan sifat  benda padat dan benda cair dan mengamati serta menceritakannya kepada teman-teman sekelas.
þ   Memberi beberapa contoh aktivitas sehari-hari yang dilakukan dalam jangka waktu yang  dan yang berlangsung sebentar.
þ   Mengukur  dan menentukan dengan stopwatch/jam lamanya kegiatan sehari-hari (makan, minum, berjalan, berlari,dll)
þ   Melemparkan bola/benda secara dari posisi berdiri/duduk secara berpasangan dengan menunjukkan nilai kerjasama
þ   Memukul benda yang dilambungkan sendiri dengan tangan kanan/kiri
þ   Memperagakan lomba cepat pada tiga pos (pos 1 jalan di tempat 10 kali sambil membilang, pos 2 meliukkan badan ke kiri dan kanan 10 kali sambil membilang, dan pos tiga berlari secepatnya jarak 10 meter.
þ   Menceritakan pengalaman ketika melakukan kegiatan lomba cepat dan mengungkapkan perasaan ketika berhasil melakukannya dengan baik

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Bakiak
þ  Tali tambang
þ  Model bangun datar
þ  Stopwatch
þ  Lilin mainan


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…