RPP Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku Kelas 1 Semester 1 Pertemuan 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema / Topik                 :  KEGEMARANKU
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Penjas Orkes
þ  Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI-2)
þ  Mengetahui dan mampu memilih jajanan sehat (KI-3)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional  (KI-4)

Seni Budaya dan Design
þ  Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2, KD-1)
þ  Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI-2, KD-4)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penjas Orkes
þ  Menyebutkan jenis jajanan yang biasa di beli di sekolah
þ  Mengetahui jenis jajanan yang merugikan kesehatan
þ  Memilih jajanan sehat untuk dikonsumsi
þ  Menyebutkan konsep gerak jalan, lari dan lompat
þ  Memperagakan gerak dasar berjalan
þ  Memperagakan gerak dasar berlari
þ  Memperagakan gerak dasar melompat
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama melakukan aktivitas gerak dasar lokomotor
þ  Memperagakan gerak dasar menggulirkan bola
þ  Memperagakan gerak dasar melemparkan benda
þ  Memperagakan gerak dasar menangkap benda
þ  Memperagakan gerak dasar menyepak bola
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama melakukan aktivitas gerak dasar manipulative

Seni Budaya dan Design
þ  Menampilkan karyanya sendiri didepan temannya
þ  Mengungkapkan pendapat  di depan kelompok
þ  Memutuskan karya apa yang akan dibuatnya
þ  Memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
þ  Merawat lingkungan sekitar secara sadar
þ  Menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ  Menunjukkan tanggung jawab pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Penjas Orkes
þ  Jenis jajanan yang biasa di beli di sekolah
þ  Konsep gerak jalan, lari dan lompat
þ  Gerak dasar menggulirkan bola
þ  Gerak dasar melemparkan benda
þ  Gerak dasar menangkap benda
þ  Gerak dasar menyepak bola

Seni Budaya dan Design
þ  Menciptakan karya sendiri
þ  Mengamati lingkungan sekitar secara seksama

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kegemaranku”
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
þ   Peserta didik bernyanyi bersama lagu “Garuda Pancasila”
þ   Peserta didik mengamati gambar Garuda Pancasila dan mendiskusikan bersama guru mengenai bagian-bagian dari gambar tersebut.
þ   Peserta didik di dalam kelompok menyusun gambar bagian-bagian lambang Garuda Pancasila , kemudian secara bergiliran wakil dari kelompok menunjuk bulu sayap, bulu ekor, dan bulu leher pada burung garuda
þ   Peserta didik dalam kelompok  secara bergiliran menjelaskan bagian-bagian  tubuh pada lambang Garuda pancasila, serta peserta didik menjelaskan arti gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas
þ   Peserta didik secara bergiliran  melafalkan kalimat yang tertulis pada pita burung garuda
þ   Secara individu peserta didik menjiplak huruf tulisan yang ada dalam pita burung garuda serta membaca  kalimat Bhinneka Tunggal Ika dengan tata cara membaca yang baik dan benar
þ   Mendengarkan cerita dari guru mengenai arti kata Bhinneka Tunggal Ika
þ   Menunjukkan empat  pasang orang dengan pakaian daerah di Indonesia
þ   Melalui permainan memasangkan gambar pakaian laki dan perempuan serta gambar pakaian daerah berdasarkan tabel yang telah disediakan 
þ   Bertanya jawab dengan teman sekitarnya mengenai suku darimana mereka  berasal
þ   Menceritakan tentang  suku teman disebelahnya
þ   Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya
þ   Peserta didik dipimpin guru mempraktekkan pola irama rata, kemudian  membedakan pola irama rata
þ   Peserta didik secara bersama-sama mempraktekkan pola irama rata dengan lagu
þ   Peserta didik mengamati gambar alat musik  ritmis yang berasal dari Indonesia berjumlah tiga buah kemudian menyebutkannya
þ   Menyebutkan alat musik  ritmis sesuai dengan gambar yang ditunjukkan guru
þ   Peserta didik mempraktekkan cara membaca dengan posisi duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikkan halaman buku dengan benar
þ   Secara individu peserta didik membilang sampai 20 dan menunjuk  bilangan secara urut,
þ   Para siswa memegang kartu angka bertuliskan angka 1 – 20.  Secara berkelompok peserta didik bermain mencari pasangan sesuai dengan perintah guru
þ   Peserta didik bermain  pasangan bilangan sampai 20 (misalnya meminta sepasang siswa masing-masing menyebut angka yang kalau dijumlah jumlahnya 9, atau 18; Anak diminta berpasang-pasangan dengan memegang kartu angka yang bertuliskan 1-10, setelah itu mereka diminta menjumlahkan angka-angka tersebut)

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas I
þ  Buku Pengembangan Diri Anak
þ  Diri Anak
þ  Teks cerita dan puisi yang berhubungan dengan kegemaran
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar perilaku baik
þ  Gambar untuk mewarnai
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Gambar tentang perilaku disiplin


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar