Sunday, October 26, 2014

RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 1 Pengalamanku Pertemuan 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Pengalamanku
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari



A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
SENI BUDAYA & DESAIN
þ  Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1,KD-1)
þ  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya (KI-2,KD-2)
þ  Mengenal disiplin dan atauran dalam berkarya (KI-2,KD-3)
þ  Mengenal gambar ekspresi (KI-3,KD-1)
þ  Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsi dalam membuat karya (KI-3,KD-4)
þ  Menggambar bebas dengan berbagai teknik (KI-4,KD-3)
þ  Membuat karya kreatif fungsional dari bahan lunak buatan (KI-4,KD-15)



SENI BUDAYA & DESAIN
þ  Melaksanakan berbagai tugas di sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Bersikap disiplin dalam menggunakan waktu belajar, istirahat dan bermain di sekolah dan di rumah
þ  Menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas positif untuk belajar atau bermain
þ  Melaksanakan berbagai tugas di luar sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Memberi contoh suatu kejadian/aktivitas sehari-hari yang lebih lama atau lebih pendek dari kejadian lainnya
þ  Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari yang berlangsung sebentar atau tidak lama
þ  Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari yang berlangsung lama


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


E.     MATERI PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA & DESAIN
þ  Gambar mewarnai
þ  Cerita tentangpengalaman yang menyedihkan atau  menyenangkan


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Pengalamanku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mengelompokkan gambar kegiatan yang menunjukkan arti bersatu dalam keberagaman di rumah melalui pengamatan
þ    Mewarnai gambar yang mengandung arti bersatu di rumah
þ   Mengelompokkan gambar kegiatan yang menunjukkan arti bersatu dalam keberagaman di sekolah melalui pengamatan
þ   Mewarnai gambar yang mengandung arti bersatu di sekolah
þ    Memikirkankan tentang satu pengalaman yang menyedihkan atau  menyenangkan dan menceritakan kepada teman sebangku
þ   Menceritakan pengalaman menyedihkan atau menyenangkan kepada teman sekelas
þ   Menceritakan mengenai cara-cara mengatasi rasa sedih
þ   Menceritakan cara-cara membantu teman yang sedang dirundung kesedihan
þ   Menceritakan tentang  berangkat dan pulang sekolah dari rumah, serta menceritakan tentang posisi batas rumah (tetangga/ jalan/ kantor) dengan bahasa yang baik dan benar
þ    Menceritakan dengan kalimat sederhana hasil pengamatan tentang letak sekolah dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
þ   Menyebutkan  benda-benda yang terdapat di sekitarnya dengan bahasa yang sederhana dan sopan
þ   Memberi contoh berdasarkan pengalaman benda yang lebih panjang atau lebih pendek
þ   Mengukur panjang benda di sekitar kelas dengan satuan tidak baku (jengkal, langkah)
þ   Mempraktikan gerak melompat maju-mundur, dan ke kiri-kanan
þ    Mengamati berbagai jenis bahan, alat serta fungsi dalam membuat karya
þ   Menggambar bebas dengan menggunakan berbagai media dan dengan berbagai teknik

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Bakiak
þ  Tali tambang
þ  Model bangun datar
þ  Stopwatch
þ  Lilin mainan


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...