Skip to main content

RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 1 Pengalamanku Ke 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Pengalamanku
Petemuan ke                 :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari



A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
SENI BUDAYA & DESAIN
þ  Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1,KD-1)
þ  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya (KI-2,KD-2)
þ  Mengenal disiplin dan atauran dalam berkarya (KI-2,KD-3)
þ  Mengenal gambar ekspresi (KI-3,KD-1)
þ  Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsi dalam membuat karya (KI-3,KD-4)
þ  Menggambar bebas dengan berbagai teknik (KI-4,KD-3)
þ  Membuat karya kreatif fungsional dari bahan lunak buatan (KI-4,KD-15)



C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SENI BUDAYA & DESAIN
þ  Melaksanakan berbagai tugas di sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Bersikap disiplin dalam menggunakan waktu belajar, istirahat dan bermain di sekolah dan di rumah
þ  Menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas positif untuk belajar atau bermain
þ  Melaksanakan berbagai tugas di luar sekolah dengan hasil baik dan selesai tepat waktu
þ  Memberi contoh suatu kejadian/aktivitas sehari-hari yang lebih lama atau lebih pendek dari kejadian lainnya
þ  Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari yang berlangsung sebentar atau tidak lama
þ  Mendeskripsikan atau memberi contoh kejadian/kegiatan/aktivitas sehari-hari yang berlangsung lama


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
SENI BUDAYA & DESAIN
þ  Bermain tarik tambang secara berkelompok
þ  Menceritakan tentang perasaan ketika menang atau kalah dan mendiskusikan mengenai bagaimana menyikapi kemenangan atau kekalahan
þ  Bacaan sederhana, yang terdiri dari empat kalimat dan dibantu dengan gambar
þ  Gambar yang tersusun dari bangun datar sederhana
þ  Menghitung jumlah ubin yang diperlukan untuk mengubin bidang datar
þ  Menuliskan angka 1-10 sesuai dengan jumlah ubin yang disajikan dalam lembar kerja

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Pengalamanku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Bermain bakiak secara berkelompok  dengan teman-teman di rumah
þ   Mengekspresikan rasa menang atau kalah dengan sikap bijak
þ   Bermain tarik tambang secara berkelompok dengan teman-teman di sekolah saat istirahat
þ   Mengekspresikan rasa menang atau kalah dengan sikap bijak sehingga terjalin rasa kebersamaan
þ   Menceritakan tentang perasaan ketika menang atau kalah dan mendiskusikan mengenai bagaimana menyikapi kemenangan atau kekalahan
þ   Membaca   bacaan sederhana, yang terdiri dari empat kalimat dan dibantu dengan gambar
þ   Menjawab pertanyaan dari guru, berkaitan dengan bacaan yang dibacanya (membaca literal)
þ   Mewarnai gambar yang tersusun dari bangun datar sederhana
þ   Menghitung jumlah ubin yang diperlukan untuk mengubin bidang datar
þ   Menuliskan angka 1-10 sesuai dengan jumlah ubin yang disajikan dalam lembar kerja
þ   Membuat gambar atau melukis ubin dari bangun datar
þ   Membuat bentuk bangun datar dari lilin mainan/pledo
þ   Membuat bentuk angka dari lilin mainan/ pledo
þ   Memperagakan gerak memutar lengan di samping badan secara berirama
þ   Memperagakan gerak memutar tungkai ke berbagai arah badan secara berirama

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Bakiak
þ  Tali tambang
þ  Model bangun datar
þ  Stopwatch
þ  Lilin mainan

I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…