Skip to main content

Kegiatan Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan: Keberagaman Budaya Bangsaku PB 1



H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
·    Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa
·    Bertanya jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran
·    Peserta didik diajak untuk menyanyikan lagu ” Dari Sabang Sampai Merauke ”

Peserta didik diberi pertanyaan penggiring:
v  Tahukah kamu bahwa negara kita terdiri dari beberapa pulau ?
v  Pulau apa saja yang kalian ketahui ?

Peserta didik diajak mencari tahu keberagaman yang lain melalui Peta Budaya

6  x 35 menit



Kegiatan Inti
Ø  Seluruh peserta didik dengan bimbingan guru untuk membentuk beberapa kelompok
Ø  Secara berkelompok peserta didik mengamati peta budaya pada buku siswa hal. 2
Ø  Kemudian siswa berdiskusi secara kelompok.
Ø  Peserta didik menjawab pertanyaan – pertanyaan pada buku siswa hal 3
Ø  Guru berkeliling untuk memotivasi dan menggali rasa ingin tahu peserta didik
Ø  Perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusi secara lesan
Ø  Kelompok lain menanggapi dan saling melengkapi
Ø  Guru menggali informasi tentang keberagaman pada peserta didik
Ø  Secara individu peserta didik membaca teks ” Mengenal Suku Minang ”
Ø  Peserta didik mencatat informasi – informasi penting dari bacaan dalam peta pikiran
Ø  Dengan berpasangan peserta didik menggabungkan informasi menjadi laporan tertulis.
Ø  Dengan bimbingan guru, beberapa peserta didik dibawa dalam sebuah permainan dengan menanyakan asal usul beserta budaya daerah teman sekelas serta membuat kesimpulan menggunakan tugas pada buku siswa hal. 6
Ø  Setelah melaksanakan kegiatan pengamatan dan pelaporan, peserta didik diajak bernyanyi untuk meningkatkan kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang tepat.
Ø  Peserta didik diminta untuk menjelaskan mengapa kita harus bangga menjadi anak Indonesia ?
Ø  Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan kaitan tinggi rendah nada dalam lagu dengan keberagaman budaya.
” Sebuah lagu yang indah terdiri atas susunan nada yang berbeda, begitu juga Indonesia dapat jaya meskipun terdiri dari banyak budaya yang berbeda ”

Kegiatan Penutup
·         Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari itu:
Contoh :
Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
Kesulitan apa yang kalian temui?
Hal baik apa yang bisa kamu terapkan  dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
·         Peserta didik mendapat tugas (ada di buku siswa) yang akan dikerjakan di rumah.


I. PENILAIAN :
1. Rubrik periksa untuk peta pikiran, sikap menujukkan keragaman, dan menyanyi ada di   buku  guru.
    Penilaian
A.      Daftar periksa untuk peta pikiran (Bahasa Indonesia).
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
















B.      Daftar periksa untuk sikap. (PPKN)
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Sudah






C.      Daftar periksa untuk sikap. (IPS)
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Sudah







D.     Daftar periksa (SBdP)
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Sudah







2. Rubrik unjuk kerja

Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Perlu Berlatih Lagi

Bekerja sama

Bekerja untuk menyelesaikan tugas. Menunjukkan sikap positif terhadap teman.
(4)

Sebagian besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman, dan terlibat untuk menyelesaikan sebagian besar tugas.
(3)

Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil kerja teman.
(2)

Tidak bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negatif terhadap teman.
(1)

Cerita yang dihasilkan

Cerita runtut, isi cerita sesuai dengan gambar.
(4)

Cerita runtut. namun sebagian cerita tidak sesuai gambar.
(3)

Sebagian cerita runtut dan sebagian cerita tidak sesuai gambar.
(2 )

Cerita tidak runtut, setiap kalimat berdiri sendiri .
(1)

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…