Saturday, November 1, 2014

Kegiatan Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan: Keberagaman Budaya Bangsaku PB 1



H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
·    Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa
·    Bertanya jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran
·    Peserta didik diajak untuk menyanyikan lagu ” Dari Sabang Sampai Merauke ”

Peserta didik diberi pertanyaan penggiring:
v  Tahukah kamu bahwa negara kita terdiri dari beberapa pulau ?
v  Pulau apa saja yang kalian ketahui ?

Peserta didik diajak mencari tahu keberagaman yang lain melalui Peta Budaya

6  x 35 menit



Kegiatan Inti
Ø  Seluruh peserta didik dengan bimbingan guru untuk membentuk beberapa kelompok
Ø  Secara berkelompok peserta didik mengamati peta budaya pada buku siswa hal. 2
Ø  Kemudian siswa berdiskusi secara kelompok.
Ø  Peserta didik menjawab pertanyaan – pertanyaan pada buku siswa hal 3
Ø  Guru berkeliling untuk memotivasi dan menggali rasa ingin tahu peserta didik
Ø  Perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusi secara lesan
Ø  Kelompok lain menanggapi dan saling melengkapi
Ø  Guru menggali informasi tentang keberagaman pada peserta didik
Ø  Secara individu peserta didik membaca teks ” Mengenal Suku Minang ”
Ø  Peserta didik mencatat informasi – informasi penting dari bacaan dalam peta pikiran
Ø  Dengan berpasangan peserta didik menggabungkan informasi menjadi laporan tertulis.
Ø  Dengan bimbingan guru, beberapa peserta didik dibawa dalam sebuah permainan dengan menanyakan asal usul beserta budaya daerah teman sekelas serta membuat kesimpulan menggunakan tugas pada buku siswa hal. 6
Ø  Setelah melaksanakan kegiatan pengamatan dan pelaporan, peserta didik diajak bernyanyi untuk meningkatkan kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan tinggi rendah nada yang tepat.
Ø  Peserta didik diminta untuk menjelaskan mengapa kita harus bangga menjadi anak Indonesia ?
Ø  Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan kaitan tinggi rendah nada dalam lagu dengan keberagaman budaya.
” Sebuah lagu yang indah terdiri atas susunan nada yang berbeda, begitu juga Indonesia dapat jaya meskipun terdiri dari banyak budaya yang berbeda ”

Kegiatan Penutup
·         Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari itu:
Contoh :
Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
Kesulitan apa yang kalian temui?
Hal baik apa yang bisa kamu terapkan  dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
·         Peserta didik mendapat tugas (ada di buku siswa) yang akan dikerjakan di rumah.


I. PENILAIAN :
1. Rubrik periksa untuk peta pikiran, sikap menujukkan keragaman, dan menyanyi ada di   buku  guru.
    Penilaian
A.      Daftar periksa untuk peta pikiran (Bahasa Indonesia).
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
















B.      Daftar periksa untuk sikap. (PPKN)
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Sudah






C.      Daftar periksa untuk sikap. (IPS)
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Sudah







D.     Daftar periksa (SBdP)
Kreteria penilaian
Keterangan
Sudah
Sudah







2. Rubrik unjuk kerja

Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Perlu Berlatih Lagi

Bekerja sama

Bekerja untuk menyelesaikan tugas. Menunjukkan sikap positif terhadap teman.
(4)

Sebagian besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman, dan terlibat untuk menyelesaikan sebagian besar tugas.
(3)

Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil kerja teman.
(2)

Tidak bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negatif terhadap teman.
(1)

Cerita yang dihasilkan

Cerita runtut, isi cerita sesuai dengan gambar.
(4)

Cerita runtut. namun sebagian cerita tidak sesuai gambar.
(3)

Sebagian cerita runtut dan sebagian cerita tidak sesuai gambar.
(2 )

Cerita tidak runtut, setiap kalimat berdiri sendiri .
(1)

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...