Saturday, November 1, 2014

Kompetensi Inti, Kompetinsi Dasar, dan Indikator Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan: Keberagaman Budaya Bangsaku PB 1



A   Kompetensi Inti
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perlaku yang jujur, disiplin, tanggung jawab, santu, peduli, dan percaya diri dalam interaksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B    Kompetensi Dasar
PPKn
·         3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
  • 4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
  • 4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa ( pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat ), sosial ekonomi ( jenis pekerjaan orang tua ) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
BAHASA INDONESIA
·         3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
·         4.1 Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.

     IPS
·         3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
·         4.5 Menceritakan manusiadalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
     SBdP
·         3.3 Membedakan panjang pendek bunyi dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan
·         4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

C.Indikator
      PPKn
  • Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
  • Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
  • Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

      BAHASA INDONESIA

  • Menggali informasi dari teks ” Mengenal Suku Minang ” dalam bentuk peta pikiran
  • Menyajikan informasi mengenai Suku Minang dalam bentuk laporan tertulis
      IPS
  • Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
  • Memberi contoh sikap menghormati keberagaman dalam lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
SBdP
  • Menyanyikan lagu ” Aku Anak Indonesia ” dengan tinggi rendah nada yang sesuai
  • Melakukan gerak tangan dan badan sesuai lagu ” Aku Anak Indonesia ”

D. Tujuan Pembelajaran:
  • Setelah mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan bentuk keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
  • Setelah mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa mampu menyebutkan contoh – contoh bentuk keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
  • Setelah membaca teks ” Mengenal Suku Minang” siswa mampu mengolah informasi dan menyajikan dalam bentuk tulisan dengan benar
  • Setelah mencari informasi keberagaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman secara ytertulis dengan benar
  • Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar
  • Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi dengan tepat.

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...