Saturday, November 1, 2014

Kompetensi Inti, Kompetinsi Dasar, dan Indikator Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan: Keberagaman Budaya Bangsaku PB 2



A   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  1. Memiliki perlaku yang jujur, disiplin, tanggung jawab, santu, peduli, dan percaya diri dalam interaksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  2. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  3. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B    Kompetensi Dasar
     Matematika
Kompetensi Dasar:
·         3.6mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.

  • 4.16.Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
·         3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
·         4.1 Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.

     SBdP
Kompetensi Dasar

·         3.4 mengebal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
·         4.10. memperagakan makna gerak kedalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.



C.Indikator

      BAHASA INDONESIA

  • Menjelaskan persamaan antara dua rumah yang disajikan .
·         Menjelaskan perbedaan antara dua rumah yang disajikan

       Matematika
  • Membedakan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
  • Mengukur sudut besar sudut dengan menggunakan busur derajat.
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut.
SBdP
  • Menjelaskan (asal, keunikan gerakan  salah satu tarian (tari kipas )

D. Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan
           antara dua rumah adat dengan benar.
·         Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan
           antara dua rumah adat dengan benar.
·         Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan
           siku-siku dengan benar.
·         Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan
           busur dengan benar.
·         Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan
           gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...