Skip to main content

Kompetensi Inti, Kompetinsi Dasar, dan Indikator Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan: Keberagaman Budaya Bangsaku PB 2



A   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  1. Memiliki perlaku yang jujur, disiplin, tanggung jawab, santu, peduli, dan percaya diri dalam interaksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  2. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  3. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B    Kompetensi Dasar
     Matematika
Kompetensi Dasar:
·         3.6mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.

  • 4.16.Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
·         3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
·         4.1 Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.

     SBdP
Kompetensi Dasar

·         3.4 mengebal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
·         4.10. memperagakan makna gerak kedalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.



C.Indikator

      BAHASA INDONESIA

  • Menjelaskan persamaan antara dua rumah yang disajikan .
·         Menjelaskan perbedaan antara dua rumah yang disajikan

       Matematika
  • Membedakan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
  • Mengukur sudut besar sudut dengan menggunakan busur derajat.
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut.
SBdP
  • Menjelaskan (asal, keunikan gerakan  salah satu tarian (tari kipas )

D. Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan
           antara dua rumah adat dengan benar.
·         Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan
           antara dua rumah adat dengan benar.
·         Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan
           siku-siku dengan benar.
·         Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan
           busur dengan benar.
·         Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan
           gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…