Monday, November 24, 2014

RPP Kurikulum 2013 Benda Binatang dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 Ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2, KD-1)
þ  Memiliki sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. (KI-2, KD-2)
þ  Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah (KI-3,KD-2)

Bahasa Indonesia
þ  Membacakan doa dengan pengucapan yang baik (KI-1, KD-3)
þ  Mendengarkan cerita dan puisi tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk hidup dan lingkungannya) (KI-1, KD-4)
þ  Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup (KI-2,KD-3)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Menjelaskan perilaku tanggungjawab atas tugas yang diberikan guru
þ  Menceritakan kegiatan yang dilakukan bersama keluarga pada saat  merawat tanaman menggunakan bahasa yang santun
þ  Menjelaskan manfaat memiliki sikap peduli terhadap sesama (misal: memelihara binatang, merawat tanaman, merawat benda milik pribadi dll)
þ  Menunjukkan perilaku percaya diri ketika mengerjakan tugas dari guru
þ  Menyebutkan sikap dan perilaku patuh pada  aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
þ  Menyebutkan sikap dan perilaku patuh pada  aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
þ  Menjelaskan manfaat mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di keluarga
þ  Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah

Bahasa Indonesia
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ  Mengenali perilaku terpuji dari cerita yang dibacakan
þ  Mengenali perilaku terpuji dari puisi yang dibacakan
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh (kepala,   badan, dan kaki)
þ  Menyebutkan bagian tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi) dan kegunaannya
þ  Membiasakan merawat tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
þ  Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ  Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
PPKn
þ  Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

Bahasa Indonesia
þ  Bagian-bagian tubuh (kepala, badan, dan kaki)
þ  Bagian tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi) dan kegunaannya

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mendengarkan cerita fabel mengenai sikap tanggung jawab dan percaya diri,
þ   Bertanya jawab mengenai tokoh yang ada dalam cerita, jalan cerita dan nilai yang terkandung dalam cerita tersebut
þ   Menyebutkan jenis-jenis hewan peliharaan dan hewan yang tidak dapat dipelihara dengan pelafalan yang jelas.
þ    Menyanyikan lagu “Kucingku belang tiga” sesuai dengan syair dan makna dengan bunyi vocal dan konsonan yang tepat
þ   Menceritakan isi lagu “Kucingku belang tiga” dengan pelafalan yang jelas dan intonasi yang sesuai
þ    Membuat puisi atau karangan puisi tentang binatang sebagai anugerah Tuhan
þ   Membacakan puisi atau karangan pendek di depan kelas dengan percaya diri
þ   Menghitung jumlah benda atau  binatang  yang ada di lingkungan sekolah atau yang disajikan di lembar kerja
þ   Menjumlahkan dan mengurangkan benda atau  binatang yang ada di lingkungan sekolah dan rumah.
þ   Menyebut atau membaca penjumlahan dua benda
þ    Melakukan penjumlahan sampai 20 dengan media kancing, kartu, jari atau benda lainnya dan bermain tebak-tebakan
þ   Melakukan pengurangan sampai 20 dengan media kancing, kartu, jari atau benda lainnya dan bermain tebak-tebakan
þ    Mempraktikan permainan berlari secara berpasangan dengan memperhatikan nilai kerjasama
þ   Menangkap bola yang digulirkan menyusuri tanah dengan dua tangan secara berpasangan pada posisi duduk/berlari

35 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar
þ  Buku cerita
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan titian
þ  Bahan makanan


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...