RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Benda Binatang dan Tanaman di Sekitarku Ke 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
þ  Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan (KI-3, KD-2)
þ  Memahami cara melafalkan kata dan kalimat dengan benar
þ  Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4, KD-1)
þ  Menanggapi cerita dongeng binatang (fabel) dan menjelaskan apa yang akan dilakukan seandainya menjadi salah satu tokoh dalam cerita. (KI-4, KD-5)
þ  Mengamati contoh penulisan kata sebagai keterangan gambar, bercerita dan menyalin kata (KI-4, KD-6)
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) (KI-4, KD-8)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
þ  Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita
þ  Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
þ  Menyebutkan urutan peristiwa
þ  Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan sifat-sifat tokoh
þ  Melafalkan bunyi vokal dalam kata secara tepat
þ  Melafalkan bunyi konsonan dalam kata secara tepat
þ  Membaca kalimat sederhana dengan intonasi yang tepat
þ  Menyebutkan nama diri
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh (kepala,   badan, dan kaki)
þ  Menyebutkan bagian tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi) dan kegunaannya
þ  Membiasakan merawat tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
þ  Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
þ  Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
þ  Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
þ  Menyebutkan hal-hal yang menarik beserta alasannya
þ  Menyambung cerita berdasarkan peristiwa yang dialami tokoh
þ  Mencocokkan ketepatan kata dengan gambar
þ  Menyalin kata dengan huruf tegak lepas
þ  Menceritakan secara lisan tentang gambar yang diperlihatkan
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menghubungkan titik-titik yang membentuk garis lurus lengkung, dan bulat
þ  Membuat garis lurus, lengkung, dan bulat
þ  Menjiplak huruf
þ  Menulis garis lurus lengkung, dan bulat untuk membentuk huruf
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
þ  Memahami isi cerita
þ  Melafalkan kata dan kalimat dengan benar
þ  Informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan
þ  Cerita dongeng binatang (fabel)


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah





G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mendengarkan cerita  mengenai cerita rakyat Dewi Sri yang menggambarkan tentang tanaman padi dan kesuburan, kemudian siswa dapat  menarik nilai yang terkandung dalam cerita tersebut
þ   Menyebutkan jenis-jenis tanaman yang dikenalnya dengan pelafalan yang jelas.
þ    Menyanyikan lagu “Menanam Jagung” karangan Ibu Sud, sesuai dengan syair dan makna dengan bunyi vocal dan konsonan yang tepat
þ   Menceritakan isi lagu  “Menanam Jagung”  dengan pelafalan yang jelas dan intonasi yang sesuai
þ    Membuat puisi tentang tumbuhan sebagai anugerah Tuhan
þ   Membacakan puisi di depan kelas dengan percaya diri
þ   Menghitung jumlah benda atau tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah atau yang disajikan di lembar kerja
þ   Menjumlahkan dan mengurangkan benda atau tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah dan rumah.
þ   Membuat laba-laba dari kertas bekas dan bertanggungjawab dalam menyelesaikannya
þ   Menyanyikan lagu “laba-laba kecil” sesuai frasering.
þ   Bermain tebak lagu anak-anak  dengan tema binatang, benda atau tumbuhan, misalkan : kucingku belang tiga, potong bebek angsa, lihat kebunku, topi saya bundar, balonku, kelinciku  dll.
þ   Bermain nilai tempat menggunakan manik-manik, kancing atau lidi atau menggunakan kartu puluhan dan satuan.
þ   Melakukan penjumlahan dua bilangan sampai 100 dengan menggunakan kartu ratusan, puluhan dan satuan dan dengan teknik menjumlahkan ke bawah sesuai dengan nilai tempatnya
þ   Melakukan pengurangan dua bilangan sampai 100 dengan menggunakan kartu ratusan, puluhan dan satuan dan dengan teknik menjumlahkan ke bawah sesuai dengan nilai tempatnya
þ   Bermain kuis penjumlahan dan pengurangan tiga bilangan dengan kartu ratusan, puluhan dan satuan
þ   Menangkap bola yang digulirkan menyusuri tanah dengan dua tangan secara berpasangan pada posisi duduk/berdiri
þ   Memperagakan gerak berjalan di atas papan titian

35 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Lingkungan
þ  Media Gambar
þ  Buku cerita
þ  Benda di sekitar siswa
þ  Model bangun datar dan bangun ruang
þ  Papan titian
þ  Bahan makanan


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian






Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar