Tuesday, November 25, 2014

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Peristiwa Alam I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Peristiwa Alam
Petemuan ke                 :  1
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah (KI-2,KD-4)
þ  Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3, KD-3)

Bahasa Indonesia
þ  Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1, KD-2)
þ  Mendengarkan cerita dan puisi tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk hidup dan lingkungannya) (KI-1, KD-4)
þ  Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup (KI-2,KD-3)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
þ  Menyebutkan sikap kebersamaan dalam menghadapi peristiwa alam yang menimpa tetangga di rumah.
þ  Menyebutkan sikap kebersamaan dalam menghadapi peristiwa alam yang menimpa  di sekolah.
þ  Menempelkan gambar – gambar yang menunjukkan peristiwa alam pada lembar kerja yang sudah disediakan.
þ  Memainkan peran tentang terjadinya peristiwa alam seperti korban banjir.

Bahasa Indonesia
þ  Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
þ   Mengenali perilaku terpuji dari cerita yang dibacakan
þ  Mengenali perilaku terpuji dari puisi yang dibacakan
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh (kepala, badan, dan kaki)
þ  Menyebutkan bagian tubuh yang terdapat di kepala (rambut, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi) dan kegunaannya
þ  Membiasakan merawat tubuh secara teratur dan benar, misalnya: mandi, menggosok gigi, membersihkan hidung, menggunting kuku, dan cuci tangan sebelum makan.
þ  Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
PPKn
þ  Gambar – gambar yang menunjukkan peristiwa alam pada lembar kerja
þ  Memainkan peran tentang terjadinya peristiwa alam seperti korban banjir.

Bahasa Indonesia
þ  Cerita dan puisi tentang perilaku terpuji.


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Peristiwa Alam
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mengenal hal-hal  yang berpengaruh terhadap cuaca  seperti udara, matahari dan angin
þ   Mengenal sifat-sifat udara dan kegunaan udara bagi manusia
þ   Mengenal sifat-sifat matahari dan kegunaan matahari  bagi manusia
þ   Mengenal sifat-sifat angin  dan kegunaan angin  bagi manusia
þ   Mendengarkan cerita tentang Angin Timur dan Angin Barat dan bertanya jawab mengenai tokoh yang ada dalam cerita tersebut, jalan ceritanya dan nilai yang terkandung dalam cerita tersebut
þ   Menceritakan kembali dengan huruf tegak lepas, degnan bahasa sendiri cerita Angin Timur dan Angin Barat dan menuliskan dengan kalimat pendek
þ   Menyebutkan dua musim yang ada di Indonesia dan ciri-ciri dari kedua musim tersebut
þ   Melakukan percobaan berkaitan dengan angin, untuk mengetahui arah angin, misalnya dengan membuat layang-layang atau  alat monitor arah angin. Setelah itu mencatat arah angin di pagi hari, siang hari dan malam hari
þ   Melakukan percobaan mengenai letak matahari, dengan melihat bayangan di pagi hari, siang hari dan sore hari,  dan mencatatnya
þ   Mengenali keadaan tubuh di pagi hari,  siang hari dan malam hari – tubuh membutuhkan istirahat dan setelah tubuh beristirahat maka tubuh dapat segar kembali
þ   Agar tubuh segar selain istirahat, tubuh membutuhkan gizi dan makanan, selain juga lingkungan sehat

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Gambar peristiwa alam, korban bencana alam, kebakaran
þ  VCD/DVD
þ  kepingan-kepingan gambar peristiwa alam
þ  koran/media yang memuat gambar peristiwa alam
þ  gambar seri
þ  Lingkungan alam
þ  media rekam
þ  buku bacaan/ cerita anak
þ  puisi
þ  lembar kerja siswa
þ  benda-benda yang ada di alam ( cair, padat )
þ  satuan berat
þ  baku dan tak baku
þ  benda-benda di kelas dan di alam
þ  alat ukur  berat


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...