Skip to main content

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Peristiwa Alam Ke 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Peristiwa Alam
Petemuan ke                 :  2
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
þ  Mengenali melalui pengamatan terhadap objek, bentuk benda, wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar rumah, jalan, dan sekolah (KI-3, KD-1)
þ  Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan (KI-3, KD-2)
þ  Mengamati tentang diri, makhluk hidup dan benda di sekitar dan menceritakan kepada orang lain (KI-4, KD-5)
þ  Menulis kalimat pendek (2–4 kata) yang didiktekan guru dengan huruf  lepas (KI-4,KD-7)
þ  Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) (KI-4,KD-8)
þ  Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
þ  Menyebutkan contoh benda berbentuk bulat, segitiga, tabung, kubus, kotak, dan balok.
þ  Menyebutkan contoh benda padat dan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
þ  Membedakan benda padat dan benda cair berdasarkan ciri-cirinya
þ  Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya.
þ  Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita
þ  Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
þ  Menyebutkan urutan peristiwa
þ  Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan sifat-sifat tokoh
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh dirinya
þ  Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang utama
þ  Menceritakan bagian-bagian tubuh  dirinya dan makhluk hidup dengan bahasa sederhana dan sopan
þ  Menceritakan benda-benda yang terdapat di sekitarnya dengan bahasa yang sederhana dan sopan
þ  Menulis dengan tepat kalimat yang didengar dari guru dengan huruf lepas tegak
þ  Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang teks bacaan dengan tepat
þ  Membalik halaman buku dengan benar
þ  Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
þ  Berposisi duduk secara benar
þ  Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
þ  Memegang alat tulis dengan tepat
þ  Memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata.


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
þ  Menulis huruf lepas
þ  Merangkai huruf menjadi kata.


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Peristiwa Alam
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mengenal hal-hal  yang berpengaruh terhadap cuaca  seperti udara, matahari dan angin
þ   Mengenal sifat-sifat udara, matahari dan angin
þ   Mendengarkan cerita yang berkaitan dengan pengaruh udara, matahari dan angin terhadap cuaca
þ   Mengidentifikasi  benda-benda yang ada di malam dan siang hari
þ   Menyanyikan lagu  Hujan  dengan ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama secara individu
þ   Membahas proses terjadinya hujan,  dan membuat gambar siklus hujan berdasarkan pembahasan
þ   Mendiskusikan manfaat  hujan  dan kerugian hujan bagi manusia
þ   Menceritakan hal-hal yang terjadi ketika akan turun hujan dan ketika hujan turun dan perasaan yang dirasakan ketika hujan turun
þ    Menyanyikan lagu  “ Tik-tik Bunyi hujan “ dilanjutkan dengan pembahasan berkaitan dengan keadaan rumah yang bocor karena hujan berkepanjangan
þ   Menceritakan tentang dampak hujan terhadap manusia,hewan dan tumbuhan
þ   Menceritakan   tindakan yang harus dilakukan peserta didik setelah kehujanan.
þ   Menjelaskan ciri-ciri benda cair di alam sekitar, misalnya hujan akan turun dari tempat yang tinggi ke rendah
þ   Mendengarkan cerita dari guru mengenai kisah anak yang hujan-hujanan.
þ   Tanya jawab berkaitan dengan cerita  anak yang hujan-hujanan dan hal-hal yang harus dipersiapkan oleh peserta didik ketika musim hujan
þ   Mengenal adanya tarian hujan dari beberapa suku di Indonesia dan mencoba mereka sebuah tarian hujan
þ   Menyalin tulisan   guru dengan huruf lepas tegak berkaitan dengan peristiwa hujan
þ   Menentukan nilai tempat dan penggunaannya ( bilangan dan urutan banyak benda,nilai tempat puluhan dan satuan, penjumlahan dua bilangan,pengurangan dua bilangan, sifat operasi pertukaran dan pengelompokan, pemecahan masalah sehari hari ) 

30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Gambar peristiwa alam, korban bencana alam, kebakaran
þ  VCD/DVD
þ  kepingan-kepingan gambar peristiwa alam
þ  koran/media yang memuat gambar peristiwa alam
þ  gambar seri
þ  Lingkungan alam
þ  media rekam
þ  buku bacaan/ cerita anak
þ  puisi
þ  lembar kerja siswa
þ  benda-benda yang ada di alam ( cair, padat )
þ  satuan berat
þ  baku dan tak baku
þ  benda-benda di kelas dan di alam
þ  alat ukur  berat


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian








Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…