Skip to main content

RPP Kurikulum 2013 Lingkungan Bersih dan Sehat Ke 4 Kelas Pertama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Lingkunganku Bersih dan Sehat
Petemuan ke                 :  4
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
SENI BUDAYA
þ  Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1,KD-1)
þ  Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2,KD-1)
þ  Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI-2,KD-4)
þ  Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis (KI-3,KD-2)
þ  Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsi dalam membuat karya (KI-3,KD-4)
þ  Memainkan pola irama  lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak (KI-4,KD-6)
þ  Membentuk karya seni dari bahan lunak (KI-4, KD-4)


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SENI BUDAYA
þ  Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
þ  Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
þ  Menampilkan karyanya sendiri didepan temannya
þ  Mengungkapkan pendapat  di depan kelompok
þ  Memutuskan karya apa yang akan dibuatnya
þ  Memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
þ  Merawat lingkungan sekitar secara sadar
þ  Menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ  Menunjukkan sikap tanggung jawab pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
þ  Menyebutkan pola irama rata
þ  Membedakan pola irama rata
þ  Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
þ  Mengenal judul lagu dan iringannya
þ  Mengidentifikasi bahan alam yang sesuai untuk kegiatan lipat gunting-tempel
þ  Membedakan berbagai bahan alam, alat serta fungsi dalam membuat karya
þ   Membuat rancangan gambar pembuatan karya kreatif


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
SENI BUDAYA
þ  Pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
þ  Berbagai bahan, alat, serta fungsi dalam membuat karya
þ  Pola irama  lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak
þ  Karya seni dari bahan lunak

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Lingkunganku Bersih dan Sehat
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mengamati gambar/film yang menunjukkan lingkungan sehat (taman yang asri, kebun teh, persawahan, dsb)  dan lingkungan tidak sehat (tumpukan sampah, air kotor, jalanan yang macet penuh asap kendaraan, dsb)  lalu anak diminta menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat serta alasan.
þ   Menggali pengalaman anak tentang apa yang dirasakan ketika berada di lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
þ   Membiasakan membaca dengan sikap yang benar jarak bacaan
þ   Membiasakan membaca dengan jarak bacaan, letak teks, cahaya yang cukup dan sikap duduk yang benar
þ   Membiasakan menulis dengan sikap yang benar
þ   Membiasakan menulis dengan jarak mata, letak buku, pegangan alat tulis, cahaya yang cukup dan sikap duduk yang benar
þ   Menulis kalimat sederhana berkenaan dengan Lingkungan Bersih yang dibacakan guru dengan huruf lepas tegak dan . pemisahan kata yang tepat
þ   Menaksir berat suatu benda secara individual dan kelompok dan membuktikan dengan timbangan yang benar
þ   Menentukan tempat/wadah yang dapat ditempatkan suatu benda satuan maupun sekumpulan benda dengan wadah yang sesuai
þ   Meletakkan benda-benda secara berurutan dari yang paling berat ke yang ringan atau sebaliknya.
þ   Menggambar bangun-bangun datar dengan pola yang teratur
þ   Menata bangun-bangun datar yang digambar sesuai urutan segi tiga dan segi empat
þ   Melaporkan hasil susunan bangun datar yang telah disusun
þ   Meletakkan bangun datar pada tempat/ bingkai yang sesuai denga polanya
þ   Menyimpulkan hasil pengamatan pola bangun datar secara berkelompok
þ   Memperagakan gerak bertumpu dengan menggunakan kedua tangan dengan percaya diri
þ   Memperagakan gerak mengayun lengan atas –bawah, kanan –kiri sambil membilang
þ   Memperagakan gerak berjalan, melenggok, dan mengayun tungkai dalam kelompok besar dengan menunjukkan kerja sama.
þ   Melakukan kegiatan melipat dan menggunting dalam membuat karya seni
þ   Membuat karya kreatif dari bahan alam melalui mencetak dengan tema Lingkungan Bersih

35 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…