Tuesday, November 25, 2014

RPP Kurikulum 2013 Lingkungan Bersih Sehat Kelas 1 ke 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Lingkunganku Bersih dan Sehat
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
þ  Menunjukkan perilaku rapi dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
þ  Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda  menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)
þ  Menentukan pola dari sebarisan bangun datar sederhana

PENJAS ORKES
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau tradisional
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan  berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
þ  Mempraktikkan pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATEMATIKA
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan ukurannya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan beratnya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan urutan kelompoknya
þ  Meletakkan benda dengan tepat ke dalam kelompok benda sehingga rapi
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan ukuran bentuk permukaannya
þ  Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
þ  Memberi contoh benda yang lebih berat atau lebih ringan dari benda lain dengan membandingkannya secara manual (memegang) atau menggunakan alat
þ  Mengukur berat benda dengan satuan tak baku menggunakan timbangan, jungkat jungkit, atau neraca
þ  Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
þ  Menyusun sebarisan bangun datar sederhana dengan kriteria atau aturan yang diberikan
þ  Menjelaskan hasil pengamatan dari pola sebarisan bangun datar sederhana
þ  Menempatkan bangun datar yang tepat pada sebarisan bangun datar sederhana sesuai dengan polanya
þ  Menjelaskan hasil pengamatan dari pola dari benda-benda di lingkungan sekitar


PENJAS ORKES
þ  Menunjukkan kerjasama, percaya diri  selama mempraktikkan aktivitas gerak kebugaran
þ  Memperagakan gerak dasar mengayun
þ  Memperagakan gerak dasar melemparkan benda
þ  Mempraktikkan gerak melompat,  melayang di urada dan mendarat dengan ke dua kaki
þ  Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
MATEMATIKA
þ  Memperkirakan berat suatu benda (lebih berat, lebih ringan)
þ  Pola dari sebarisan bangun datar sederhana

PENJAS ORKES
þ  Pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  (konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha)
þ  Pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
þ  Pola gerak dasar  senam ritmik sederhana menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik


F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Lingkunganku Bersih dan Sehat
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Mengamati benda-benda di lingkungan sekitar dan mengolongkan ke dalam benda padat, cair dan gas.
þ   Mengamati ciri-ciri benda padat dan benda cair serta menceritakannya kepada teman
þ   Mengamati perubahan wujud benda padat menjadi benda cair (es mencair), benda cair menjadi gas (air mendidih) dan benda cair menjadi benda padat (es membeku) serta menceritakannya kepada teman.
þ   Mengamati letak rumah dari sisi kiri, kanan, depan dan belakang
þ   Menggambar hasil pengamatan tentang  letak rumah
þ   Bercerita dengan kalimat sederhana posisi rumah yang berbatasan dengan tetangga, jalan, warung, kantor atau rumah ibadat. 
þ   Mengamati batas-batas sekolah dari sisi kiri, kanan, depan dan belakang
þ   Bercerita dengan kalimat sederhana letak sekolah dan batas-batasnya
þ   Mengamati lingkungan sekolah dengan cara berjalan dan melakukan pengamatan secara berkelompok
þ   Menceritakan tentang  masalah kebersihan dan kesehatan yang ada di sekitar lingkungan sekolah
þ   Tanya jawab mengenai cara menanggulanginya dan memberikan saran-saran
þ   Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitarnya dan perbedaanya dengan mahluk hidup
þ   Mendiskusikan mengenai cara menjaga lingkungan kelas, misalnya dengan melakukan cara-cara membersihkannya atau cara menatanya kembali agar lebih sedap dipandang.
þ   Melakukan penataan barang-barang yang ada di sekitar ruang kelas
þ   Melaporkan atau menceritakan hasil penataan benda-benda di sekitar ruang kelas
þ   Menimbang benda secara manual benda-benda dan membandingkan antara yang berat dan ringan di sekitarnya
þ   Melakukan  penimbangan berat benda dengan timbangan atau neraca secara kelompok dilanjutkan secara individu
þ   Memperagakan gerak jalan, lari, dan diam berdasarkan aba-aba
þ   Memperagakan gerak berguling ke kiri/ke kanan dari posisi tidur telentang
þ   Melagukan pola irama rata dengan tempo tetap
þ   Melagukan pola irama rata dengan tempo tidak tetap
þ   Memainkan alat musik ritmis sederhana secara kelompok dan bersama
þ   Menebak judul lagu yang dinyanyikan guru

35 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri anak
þ  Lingkungan keluarga
þ  Lingkungan sekolah
þ  Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
þ  Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
þ  Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alaur sederhana
þ  Buku kirigami (seni mengunting)


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...