Tuesday, November 4, 2014

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Pahlawanku Kebanggaanku 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN M
Kelas/ Semester          : IV / 2 (Dua)
Tema                           : Pahlawanku
Subtema/Pb                : Pahlawanku Kebanggaanku/4
Alokasi Waktu             : 6 x 35 Menit

A.       Kompetensi Inti (KI)
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.        Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
IPS
         1.2.  Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan beerperilaku sebagai penduduk Indonesia        dengan    mempertimbangkan kelembagaan sosial budaya ekonomi dan politik dalam masyarakat.
         2.2 . Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial budaya, ekonomi dan politik.
Kompetensi Dasar:
3.1  Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan     keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
Indikator :
3.1.1 Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan.
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator :
4.1.1.Memberikan pendapat tentang pahlawan Ki Hajar Dewantoro.

PPKn
         1.2.  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah , dan masyarakat sekitar.
         2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

Kompetensi Dasar:
3.2.           Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
Indikator :
3.2.1. Mengklasifikasikan sikap yang memenuhi kewajiban sebagai pelajar.
3.2.2. Menjelaskan makna kewajiban sebagai pelajar.
4.2.           Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Indikator :
 4.1.1. Menceritakan pengalaman kewajiban mereka sebagai pelajar.

Bahasa Indonesia
         1.2   Mengakui dana mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat tehnologi modern dan tradisionil, perkembangan tehnologi, sosial, serta permasalahan sosial.
         2.4   Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daaya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
Kompetensi Dasar:
3.5.  Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
3.5.1. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks

4.5   Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
4.5.1. Memberikan komentar dari teks yang disajikan
C.        Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah membaca teks , siswa mampu menjelaskan perjuangan yang sudah di­lakukan oleh KI Dewantoro dengan rinci.
2.         Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan sikap yang bisa dicontoh dari KI Hajar Dewantoro dengan rinci.
3.         Setelah membaca teks dan melihat contoh , siswa mampu memberikan pendapat atau komentar tentang pahlawan KI Hajar Dewantara.
4.         Setelah mengamati gambar dan berdiskusi siswa bisa mengklasifikasikan perilaku yang merupakan kewajiban yang dilakukan oleh pelajar dengan benar.
5.         Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan kewajiban sebagai pelajar dengan tepat
6.         Setelah berdiskusi siswa mampu menceritakan perilaku yang merupakan ke­wajiban bagi pelajar beserta alasannya dengan benar.
7.         Setelah bercerita, siswa mampu mengklasifikasikan sikap yang sudah memenuhi kewajiban dan yang belum dilengkapi dengan alasan dengan tepat.

D.       Materi Pembelajaran
1.         Teks bacaan Ki Hajar Dewantara (buku siswa hal.62)
2.         Membaca dan menulis dengan memperhatikan tanda baca yang benar
3.         Menceritakan sikap yang dilakukan selama di sekolah.

E.        Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode (Diskusi, tanya jawab)
Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen/ mengumpulkan informasi, mengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).

F.         Media, dan Sumber Pelajaran
Media                :   -   Teks bacaan Ki Hajar Dewantara
-    Gambar yang menunjukkan sikap baik dan tidak baik
Sumber belajar:
- Afriki, Al Farani, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 5 Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Pendidik membuka pelajaran dengan salam
2.     Pendidik dan peserta didik memulai pelajaran dgn berdo’a
3.     Pendidik melakukan presensi.
4.     Pendidik menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
15 Menit
Kegiatan Inti
1.        Peserta didik membaca teks tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara.( mengamati )
2.        Peserta didik membaca teks dengan mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya.
 ( mengamati )
3.        Peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan.( menanya )
4.        Pendidik bersama peserta didik mejawab pertanyaan tersebut.( mengasosiasi )
5.        Peserta didik  mengamati beberapa contoh gambar yang termasuk sikap baik dan yang tidak baik. ( mengamati )
6.        Peserta didik menuliskan alasannya dalm tabel yang disediakan pada buku siswa.( eksperimen )
7.        Berdasarkan gambar yang telah peserta didik amati, peserta didik akan mengklasifikasikan gambar yang menunjukkan sikap melaksanakan kewajiban sebagai pelajar dan sikap yang tidak memenuhi kewajiban sebagai pelajar. ( eksperimen )
8.        Dari data tersebut peserta didik  mendiskusikan dengan kelompok pengelompokan gambar yang sudah dilakukan.
( eksperimen )
9.        Peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut dengan kelompoknya.
“Apa yang dimaksud dengan kewajiban menurut kalian?”
 ( eksperimen )
10.        Pendidik bersama peserta didik menjawab pertanyaan tersebut.( mengasosiasi )
11.    Peserta didik menceritakan sikap mereka selama di sekolah dengan menggunakan bahasa sendiri.
( mengkomunikasikan )
12.    Dari cerita yang telah dibuat, peserta akan mengidentifikasi kewajiban yang sudah dilakukan sebagai pelajar.( eksperimen )
13.    Peserta didik menuliskan poin-poin terlebih dahulu.
( eksperimen )
14.    Peserta didik  mengembangkan menjadi cerita. Cerita yang ditulis memperhatikan tanda baca dan kata sambung  dengan benar.( mengasosiasi )
15.    Peserta didik  mengklasifikasikan sikap yang sudah memenuhi hak sebagai pelajar .( mengasosiasi )
16.    Peserta didik  memasukkannya ke dalam tabel dan menulis alasannya.
       Hal-hal apa yang menurut kamu sudah baik?
       Contoh tabel yang dibuat:
sikap baik yang sudah dilakukan
Alasan
Mengerjakan PR dengan tepat waktu
Menunjukkan sikap bertanggung jawab




       Hal-hal yang masih harus diperbaiki:
sikap yang masih harus diperbaiki
Alasan






170
Menit
Penutup
1.         Peserta didik  melakukan perenungan tentang pembelajaran yang telah dilakukan dengan menjawab pertanyaan pada buku siswa.
2.         Pendidik  bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran.
3.         Pendidik mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

25 Menit

H.       Penilaian

1.         Teknik Penilaian

a.         Penilaian Sikap     : percaya diri, rajin, teliti.
b.         Unjuk Kerja          : keterampilan membaca dan bercerita
c.         Penilaian Pengetahuan

2.         Bentuk Instrumen Penilaian
a.     Penilaian Pengetahuan
1). IPS : peta pikiran Pahlawan Ki Hajar Dewantara dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan nama, tempat lahir dari Ki Hajar Dewantara dengan benar


Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan benar


Menuliskan sikap dari Ki Hajar Dewantara


Menuliskan komentar tentang Ki Hajar Dewantara dengan tepat



2). Bahasa Indonesia dan PPKn: menuliskan kewajiban di sekolah
Kriteria
Usaha Maksimal
Usaha baik
Usaha cukup
Usaha yang kurang
Rancangan tulisan

Siswa menuliskan poin-poin dari cerita yang akan ditulis dengan lengkap

Siswa menuliskan poin-poin dari cerita yang akan ditulis dengan ada beberapa hal yang kurang lengkap (√)

Siswa menuliskan poin-poin dari cerita yang akan ditulis dengan um banyak hal yang belem lengkap

Siswa masih kesulitan untuk menuliskan poin-poin

Menuliskan kembali

Siswa menulis berdasarkan poin-poin yang telah di buat dengan runtut dan detil

Siswa menuliskan cerita dengan runtut namun kurang detail
(√)

Siswa menuliskan cerita dengan kurang runtut

Siswa menuliskan cerita dengan kurang runtut dan kurang detil

Ejaan

Semua ejaan dalam tulisan benar

Sebagian besar ejaan dalam tulisan benar (√)

Sebagian ejaan dalam tulisan benar

Sebagian kecil ejaan dalam tulisan benar



Sikap



Siswa menuliskan sikap yang baik dan tidak baik yang disertai dengan alasan yang tepat

Siswa menuliskan sikap yang baik dan tidak baik tetapi beberapa alasan masih kurang tepat (√)

Siswa menuliskan sikap yang baik dan tidak baik tetapi banyak alasan masih kurang tepat

Siswa menuliskan sikap yang baik dan tidak baik tetapi tidak dilengkapi dengan alasan

4). Penilaian sikap
No.
Sikap
Belum
terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Ket.
1.
Teliti





2.
Bertanggung
jawab





3.
Rajin





Catatan : Centang (V) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penskoran        NA =  total skor       x     100
                                                   Skor maks











       Kepala Sekolah,                                                    Guru Kelas IV,


                                                       

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...