Skip to main content

RPP K13 Kelas 1 Semester 2 Peristiwa Alam 3

(RPP)


Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 2
Tema / Topik                 :  Peristiwa Alam
Petemuan ke                 :  3
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR
Matematika
þ  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
þ  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
þ  Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
þ  Mengamati dan menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
þ  Menuliskan bentuk penjumlahan atau pengurangan dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
þ  Menyebut/membaca penjumlahan dua bilangan
þ  Melakukan penjumlahan sampai 20 dengan bantuan benda kongkrit dan mengingatnya dengan berbagai cara
þ  Melakukan pengurangan sampai 20 dengan bantuan benda kongkrit dan mengingatnya dengan berbagai cara
þ  Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan dari bilangan dua angka dengan menggunakan benda kongkrit
þ  Melakukan penjumlahan dua bilangan sampai 100 dengan prosedur yang benar sesuai nilai tempatnya
þ  Melakukan pengurangan dua bilangan sampai 100 dengan prosedur yang benar sesuai nilai tempatnya
þ  Melakukan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan tiga bilangan atau lebih sampai 100 dengan prosedur yang benar sesuai nilai tempatnya
þ  Menyebutkan banyak benda
þ  Membilang dan menulis lambang bilangan secara urut
þ  Menentukan urutan benda dari sekumpulan benda dalam barisan
þ   Menyebutkan banyak benda dengan ciri tertentu dari sekumpulan benda
þ  Menyusun sebarisan bilangan dengan kriteria atau aturan yang diberikan
þ  Menjelaskan hasil pengamatan dari pola sebarisan bilangan
þ  Menempatkan bilangan yang tepat pada sebarisan bilangan sesuai dengan polanya
þ  Menentukan bangun datar yang membentuk pengubinan
þ  Menggambar/melukis pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu
þ  Menentukan dan menjelaskan berbagai bangun datar yang dapat atau tidak dapat membentuk pengubinan


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaranAgama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.     MATERIPEMBELAJARAN
Matematika
þ  Membilang dan menulis lambang bilangan secara urut gambar benda dan atau benda yang ditemukan di alam berdasarkan satuan berat maupun jumlah bangun datar dan atau bangun ruang
þ  Menimbang benda secara manual benda-benda alam (misalnya dengan membawa beberapa batu dari alam)  dan membandingkan antara yang berat dan ringan di sekitarnya

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Peristiwa Alam
10 menit
Inti
þ   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ   Mendengarkan doa yang diucapkan oleh guru dan mengikutinya
þ   Menceritakan tentang musim kemarau yang terjadi dan sebab-sebabnya.
þ   Menyebutkan sikap yang harus dilakukan manusia ketika terjadi musim panas berkepanjangan
þ   Memilih kata dalam puisi yang menunjukkan perilaku terpuji yang berkaitan dengan peristiwa  Kemarau 
þ   Mengeksplorasi  bacaan  untuk menemukan tokoh cerita, nama tempat dalam cerita, sifat-sifat tokoh 
þ   Menulis  ringkasan cerita dari bacaan yang dibacanya
þ   Menyalin tulisan   guru dengan huruf lepas tegak
þ   Bercerita tentang pengalaman pulang sekolah di tengah panas terik.
þ   Menulis cerita dalam 3 kalimat dengan huruf lepas berdasarkan cerita yang diceritakan sebelumnya
þ   Menyebutkan banyak benda dengan ciri tertentu dari sekumpulan benda ( berdasarkan satuan berat, berdasarkan bangun datar, bangun ruang )
þ   Membilang dan menulis lambang bilangan secara urut gambar benda dan atau benda yang ditemukan di alam berdasarkan satuan berat maupun jumlah bangun datar dan atau bangun ruang
þ   Menimbang benda secara manual benda-benda alam (misalnya dengan membawa beberapa batu dari alam)  dan membandingkan antara yang berat dan ringan di sekitarnya
þ   Melakukan  penimbangan berat benda dengan timbangan atau timbangan digital atau neraca secara kelompok dilanjutkan secara individu
þ   Menghitung banyak benda dengan ciri tertentu dari sekumpulan benda ( Misal : berdasarkan perbedaan hasil pengukuran )
þ   Melengkapi benda pada sekumpulan benda yang berurutan ( Misal : berdasarkan beratnya, ukurannya, bentuknya dll )
                                                      
30 Menit X  35 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku tematik kelas I
þ  Buku pengembangan diri anak
þ  Diri Anak
þ  Gambar peristiwa alam, korban bencana alam, kebakaran
þ  VCD/DVD
þ  kepingan-kepingan gambar peristiwa alam
þ  koran/media yang memuat gambar peristiwa alam
þ  gambar seri
þ  Lingkungan alam
þ  media rekam
þ  buku bacaan/ cerita anak
þ  puisi
þ  lembar kerja siswa
þ  benda-benda yang ada di alam ( cair, padat )
þ  satuan berat
þ  baku dan tak baku
þ  benda-benda di kelas dan di alam
þ  alat ukur  berat


I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.   Prosedur Penilaian
a.   Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan

2.   Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk

b.   Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................


Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…