Skip to main content

RPP PAI SD Semester 1 kelas 1 I

( RPP )

SD                     :      _______________________
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester       :  I / 2
Standar Kompetensi   : 6.       Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar    :  6.1      Menghafal QS Al Kausar dengan lancar
Indikator                  : 6.1.1    melafalkan surah Al Kausar dengan benar. (Kerja keras)
6.1.2        menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar (Mandiri, Disiplin)
6.1.3        membiasakan membaca surah Al Kausar(Disiplin)
Alokasi Waktu         :    3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran    :
  1. Siswa dapat melafalkan surah Al Kausar dengan benar
  2. Siswa dapat menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
  3. Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Kausar

B. Materi Pembelajaran     :    Surah Al Kausar
1.  Sesungguhnya kami Telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
2.  Maka Dirikanlah shalat Karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.
3.  Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

C. Metode Pembelajaran   :   
1.      Drill
2.      Hafalan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
§  Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
§  Memperkenalkan bahan ajar surah Al Kausar dan isi kandungannya serta keistimewaannya
2.    Kegiatan Inti
§  Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
§  Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Kausar secara kelompok dan individu
§  Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
§  Siswa menghafal surah Al Kausar
3.    Kegiatan Penutup
§  Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
§  Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah Al Kausar dalam buku tugas

E.   Alat / Sumber Belajar:
1.       Tulisan lafal surah Al Kausar pada karton atau papan tulis
2.       Alquran (Juz Amma)
3.       Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I
4.       Buku-buku lain yang relevan
5.       Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.       Pengalaman guru
7.       Lingkungan sekitar

F.   Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Melafalkan surah Al Kausar

Tes Lisan

Praktik & hafalan
Lafalkan surah Al Kausar!
Menghafal surah Al Kausar dengan lancar dan benar

Tes Lisan

Praktik & hafalan
Hafalkan surah Al Kausar!
Membiasakan membaca surah Al Kausar
Tes Lisan & Pilihan Ganda
Praktik & hafalan
Apa pelajaran yang dapat diambil dari surah Al Kausar?




Mengetahui,
Kepala SD ……………………




NIP.

Sawoo,………………………….
Guru Pendidikan Agama Islam




NIP.

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…