Wednesday, March 18, 2015

CARA MENDAPATKAN INSPIRASI

Jelajahi Pikiran Anda
Saatnya anda menjelajahi pikiran anda dengan cara berimajinasi tentang ide dan inspirasi. Berimajinasilah secara bebas, tanpa batasan, tanpa dihalangi peraturan dan fakta. Karena kalau menjelajahi pikiran dengan batasan, bukan berimajinasi namanya.

Banyak Belajar
Anda harus banyak belajar tentang hal yang berhubungan dengan ide dan inspirasi anda. Seperti contoh, anda seorang musisi, anda ingin membuat lagu, berarti anda harus banyak belajar tentang lagu-lagu zaman sekarang, cara membuat lagu dengan teknologi zaman sekarang dsb. Contoh lain, anda seorang desain grafis dan ingin membuat sebuah karya seni digital, berarti anda harus belajar mengetahui teknologi dan cara membuat karya seni secara digital dsb, atau jika anda seorang blogger, anda ingin menulis sebuah artikel, berarti anda harus banyak membaca tentang hal-hal yang ingin anda tulis, sehingga anda mengerti sepenuhnya tentang apa yang ingin anda tulis. Ini merupakan cara untuk memperluas wawasan untuk ide dan inspirasi anda.

Berbicara dengan Diri Sendiri
Kedengarannya gila, tapi berdiskusi itu gak harus sama orang lain. Coba berdiskusi dengan diri anda sendiri di dalam hati untuk menemukan sebuah keputusan untuk ide dan inspirasi anda.

Berkomunikasi atau Bersosialisai
Selain ngomong sama diri sendiri, anda juga harus banyak ngobrol sama orang tua, teman-teman atau orang lain mengenai ide dan inspirasi anda. Sehingga anda bisa melihat ide dan inspirasi anda dari berbagai macam sisi dan pendapat orang lain.

Mencatat
Kalau anda udah terbayang dengan ide dan inspirasi anda, segera catat secepatnya. Ini dilakukan untuk mencegah anda terlupa dengan ide dan inspirasi anda.

Berdoa
Berdoalah kepada Tuhan, semoga kita bisa mendapatkan ide dan inspirasi yang bagus dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Biarkan Datang Sendiri
Anda harus membiarkan ide dan inspirasi itu datang sendiri. Jangan dipaksa, karena kalau dipaksa, kita sendiri yang bakal pusing dan stress.

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...