CARA EFEKTIF MENGHEMAT UANG

Mengutip dari kata-kata bijak Robert T Kiyosaki yang juga seorang motivator dan pakar finansial terkenal yang pernah menerbitkan banyak buku-buku best seller diantaranya Rich Dad Poor Dad, Rich Dad's CASHFLOW Quadrant. "Setiap kali anda berhutang uang kepada seseorang, maka anda akan menjadi pegawai dari uangmereka" yang bila diartikan bahwa kehidupan finansial yang baik akan lebih mudah diwujudkan jika anda tak berhutang atau menghutangi seseorang. Jika kalimat diatas terdengar klise dan mungkin terlalu universal bagi anda, maka mulai kini anda bisa mempraktekkannya di mulai dari hal-hal yang kecil dan mudah dahulu dalammenghemat uang anda, hal-hal apa sajakah itu?. Berikut adalah
Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif:

1. Catat dan bukukan semua uang pemasukan dan pengeluaran anda.
Buat catatan yang sistematis guna memonitoring semua uang masuk dan uang keluar. Minimalkan uang pengeluaran dan maksimalkan sebagian besar uang yang anda sisihkan untuk ditabung. Disiplin, komitmen serta pengorbanan yang besar diperlukan pada tahap ini supaya rencana ini dapat dilakukan dengan sukses. Ingat, perubahan akan selalu terasa tidak enak di masa-masa awal, terutama saat memutuskan untuk merubah pola hidup. Namun seiring waktu, maka anda akan menjadi terbiasa.

2. Simpan kartu ATM dan Kartu Kredit yang anda miliki.
Orang biasanya memiliki kecenderungan untuk bisa merasakan kenikmatan saat dengan mudahnya berhutang atau bisa mengeluarkan uang dengan mudah, dan anda jangan sampai terjebak dalam kenikmatan sesaat tersebut. Semakin anda merasa nyaman dengan pola hidup seperti itu, maka cita-cita untuk bisa hidup bahagia dari segi finansial di masa mendatang akan semakin jauh. Disiplinkan diri anda dan selalu ingat pada tujuan akhir. Nah, untuk menyiasati hal ini, maka anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk keperluan bulanan dan simpan kartu-kartu tersebut dirumah agar lebih aman.

3. Rubah pola hidup konsumtif, gengsi dan hobi mahal yang memakan biaya.
Jangan pernah merasa malu dan minder saat anda harus memotong sebagian besar budget yang anda miliki untuk ditabung dan merubah gaya hidup anda. Merubah gaya hidup bukan berarti anda harus membuang "gaya" anda, tapi yang anda perlukan hanyalah menyiasatinya. Sebagai contoh sederhana yang bisa anda lakukan misalnya, anda bisa mengganti hobi ke gym anda dengan melakukan jogging setiap pagi di komplek tempat tinggal anda atau jika anda terbiasa berbelanja di mal yang harus mengeluarkan banyak biaya, maka kini anda bisa berbelanja di pasar-pasar murah yang barangnya bisa ditawar. Bahkan jika anda pintar memilih, anda pun bisa mendapatkan barang murah yang berkualitas di tempat tersebut.

5. Temukan hal-hal lain yang memakan biaya kemudian alokasikan ke tabungan anda.
Langkah selanjutnya adalah menemukan hal-hal lain yang kurang diperlukan dan anda anggap kerap memakan biaya kemudian alokasikan ke tabungan anda. Semakin banyak anda menemukannya, maka semakin cerah masa depan finansial anda. Ingat selalu pada pencapaian serta tujuan akhir dan konsistensi dalam proses, itu yang paling penting. Ingat, apa yang anda jalani saat ini adalah manifestasi apa yang anda dapatkan esok hari.

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar